Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Bagi- Bagi 500 Karya untuk Ibu

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Bagi – bagi 500 Karya Untuk Ibu

Dalam rangka peringatan Hari Ibu, Minggu 22 Desember 2013 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta khususnya fakultas ilmu sosial dan humaniora yang tergabung dalam komunitas fokasi (forum komunitas komunikasi) membagi-bagikan karya berupa kata- kata indah untuk ibu yang di bingkai dengan stik ice cream dan kertas yang di bentukmenyerupai hati (love). Aksi ini dilakukan pada pukul 12.00 WIB sampai jam 15.00 di pertigaan UIN Sunan Kalijaga tepatnya di Jalan Adisucipto, lokasi ini di pilih dirasa paling strategis untuk melakukan aksi ini dan selanjutnya diteruskan dengan kegiatan evaluasi.

Menurut salah satu panitia dari acara peringatan hari ibu ini menjelaskan bahwa persiapan untuk menyelenggarakan acara ini dilakukan selama kurang lebih tiga minggu lamanya. Acara ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya peran ibu, jadi paling tidak setelah acara ini panitia dan segenap masyarakat dapat terinspirasi,dapat mengingat ibunya masing-masing dan menjadikan momen tanggal 22 Desember ini untuk mengucapkan teima kasih dan meminta maaf kepada ibu kita.

Menerurut saya hari ibu itu setiap hari tapi paling tidak dengan adanya peringatan hari ibu ini orang – orang yang mungkin lupa atau tidak ada waktu untuk ibunya, dengan adanya peringatan ini orang- orang menjadi ingat dan terinspirsi meluangakan sedikit waktunya untuk ibu, atau bahkanmenyisihkan sebagian uangnya untuk memberikan sesuatu untuk ibu” kata ketua panitia penyelenggara ketika kami wawancara waktu itu. Ketika kami tanya berapa biaya yang dikeluarkan untuk acara ini malah dijawab dengan senyuman,dan menjelaskanbahwa acara ini menghabiskan biaya sekitarkurang lebih Rp.450.000 dana ini di peroleh dari hasil iuran panitia dan donatur dari Dosen -Dosen yang sukarela untuk memberikan sebagian dana pribadinya untuk acara ini.Kami sangat berterimakasih sekali atas kepedulian Dosen- Dosen yang sedemikan rupa sehingga kami tetap berkreasi walaupun dengan banyak keterbatasan tegas salah satu anggota panitia yang kami wawacarai saat itu.

Kami beryukur sebagai panitia Respon masyarakat juga cukup baik, sasaran acara ini adalah ibu- ibu atau namun karena beberapa faktor akhirnya kami juga membagikanya untuk semua orang agar mereka juga bisa terinspirasi dengan acara kami ini, tegas salah satu anggota panitia itu melanjutkan perjelasan sebelumnya.

Rangkaian dalam acara ini dimulai dengan breaffing dengan seluruh panitia dan anggota kepolisian yang ikut andil dalam acara ini untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu acara bagi bagikerya kepada seluruh masyarakat yang melewati jalan tersebut. Aksi ini dilakukan di tiga titik, titik pertama yaitu kearah kanan yang menuju bandara Adisucipto, titik yang kedua ke Arah kiri menuju tugu dan sekitarnya lalu titik yang selanjutnya ke arah selatan menuju kampus Universitas Negeri Sunan Kalijaga. Pembagian titikini di bagi- bagi sedemikian rupa diharapkan agar semua titik dari semua tempat dapat terjamah dengan meksimal dan bisa melakukan pemerataan antar masyarakat. Tempat ini dirasa paling stratagis karana di lewati berbagai titik tersebut.

Karya- karnya berupa:

Gambar 1.0

Keterangan: karya ini dinamai dengan pigura cinta untukibu, karya ini di buat dengan menggunaka stik ice cream dan selembar kertas yang di bubuhi dengan kata – kata indah untuk ibu. Lalu di tempel pita warna keemasandi bagian atasnya sebagai cantelannya. Karya ini dibuatkarena terinspirasi dengan miniatur pigura foto. Karya yang slanjutnya adalahsurat cintauntuk ibu

Gambar 2.0 ( tampilan dalam )

Keterangan : karya ini adalah sebuah karya yang mengambil konsep dari sebuah kartu ucapan dimana kartu ucapan ini selain adakata-kata indah untuk ibu tapi juga adaruang kosong untuk mengucapkan sesuatu untuk ibu dengan kreasi sendiri.

Gambar 3.0 ( tampilan depan)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline