Lihat ke Halaman Asli

Hobi Seni Tari sebagai Sumber Penghasilan

Diperbarui: 29 Mei 2023   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[pict by goodnewsfromindonesia.id/]

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan karena ingin dan bukan karena kebutuhan, dengan atau tanpa tujuan tertentu. Setiap orang tentunya memiliki kegiatan favorit untuk mengisi waktu luang dan membuatnya lebih bermanfaat. Semua manusia pasti memiliki hobi yang berbeda-beda berdasarkan minat pribadinya terhadap sesuatu dan kepribadian. Meski hobi sebenarnya bukan penghasilan pokok, lumayan banyak manusia yang menjadikannya hobi seni sebagai pekerjaan utama.

Perkembangan teknologi berupa media sosial telah menjadi penghubung untuk orang-orang yang ingin mendalami hobinya dan mendapatkan penghasilan. Hobi ini tidak sekedar kegiatan mengisi waktu luang, tetapi juga bisa mendatangkan berbagai manfaat lain di luar materi. Mendapatkan penghasilan tambahan atau penghasilan utama dari hobi yang dilakukan tentunya menjadi impian semua khalayak. Karena disaat yang bersamaan, melakukan sesuatu yang sangat disukai juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Contohnya seperti pengalaman pribadi saya, ketika berada dibangku SD saya cukup sering mengikuti acara kelulusan angkatan yang diselenggarakan sekolah dengan menampilkan beberapa tarian kreasi.  Bermula dari kesenangan terhadap kesenian tari, serta keinginan untuk terus melakukan kegiatan tersebut hingga akhirnya saya masuk ekstrakulikuler seni tari pada waktu SMP. Ketita SMP saya mengikuti ekstrakulikuler tari dan mempelajari beberapa tarian, seperti tari lenggang bekasi dan juga lenggang nyai dari situlah keseriusan dan keinginan saya dalam dunia tari bertambah.

Waktu SMP saya pernah membawakan tarian daerah untuk kelulusan wisuda diangakatan saya, saya sangat senang sekali karena bisa ikut memeriahkannya dihari kelulusan saya. Setelah lulus dari jenjang  SMP, kemudian saya masuk ke salah satu sekolah swasta yang ada di Bekasi disana saya memilih ekstrakulikuler Saman. Tari Saman cukup sulit untuk saya pelajari, tetapi saya terus belajar hingga bisa. Mulai dari situlah kesenangan akan hobi itu terbentuk, yang dimana terbawa sampai saya duduk dibangku kuliah.

Ketika masuk dunia perkuliahan, saya memilih untuk bergabung bersama UKM tari tradisional. Disana saya mempelajari tari tradisional dan juga tari saman, tidak disangka saya terpilih sebagai salah satu perwakilan kelas 1 untuk menampilkan tarian daerah di acara kelulusan wisuda D3 AKMRTV. Dari penampilan tari saya tersebut, ternyata jerih payah saya dibayarkan dengan sebuah nominal. Dan ternyata dari hobi kesenangan saya terhadap tari, menjadi sebuah penghasilan yang sangat menguuntungkan untuk anak kuliahan seperti saya.

Penulis : Nasywa Azzahrah

sumber: 

Nisa, C. (2023, November 10). Jadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Diakses pada 22 Mei 2023 melalui: https://yoursay.suara.com/news/2019/11/28/105100/jadikan-hobi-sebagai-sumber-penghasilan.

Redaktur. (2018, Mei 30). Manfaatkan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan. Diakses pada 22 Mei 2023, melalui: https://www.metrojambi.com/ekonomi-bisnis/13514343/Manfaatkan-Hobi-Sebagai-Sumber-Penghasilan

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara. (2022, Juni 28). Siswa madtsansa ikuti seni tari nilai cahya dari hobi menjadi misi. Diakses pada 23 Mei 2023. melalui: https://jateng.kemenag.go.id/berita/siswa-madtsansa-ikuti-seni-tari-nilam-cahya-dari-hobi-menjadi-misi/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline