Lihat ke Halaman Asli

Amelia Puspita sari

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Kreativitas dan Kekompakan Warga Jalan Cicak Rowo untuk Meriahkan Karnaval HUT RI Ke-78 di Desa Tebuwung Dukun Gresik

Diperbarui: 23 September 2023   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber: Dokumentasi Pribadi)

Setiap tahun desa Tebuwung mengadakan karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, menampilkan berbagai ragam budaya daerah di Indonesia .yang di saksikan "pada hari Minggu (27/08/2023),di  Desa Tebuwung Kecamatan Dukun. Acaranya dimulai pukul 08.00 WIB, dengan start dan finish di lapanga suwiji. kegiatan karnaval ini dijadikan sebagai ajang kekreatifitas dan edukasi kepada generasi-generasi muda dan anak-anak agar mengenal beraneka ragam budaya yang sangat banyak di Indonesia. Tentunya karnaval ini menjadi hiburan bagi warga desa Tebuwung dan sekitarnya. 

Salah satunya  warga Cicak Rowo yang memakai pernak-pernik dan pakaian adat masyarakat Papua,tidak hanya pakaian adat papua tetapi juga membuat ogoh-ogoh dan asksesoris lainya seperti topi dari bulu ayam dan baju dari blusak  atau karung kain yang harus dijahit tangan  dan juga senjata seperti pedang, kalung dan lain-lain yang harus di ukir  tangan itu membutuhkan waktu kurang lebih 20 hari setiap malam warga mengerjakannya sampai waktu kurang 2 hari baru selesai , 

Kekreatifan dan kekompakan warga cicak rowo untuk memeriahkan karnaval  tersebut, sangatlah antusias warga cicak rowo tidak sia-sia sehingga membuahkan hasil yang bagus memperoleh juara ke2 dari 19 peserta karnaval ,dan warga cicak rowo guyup rukun yang mengikuti kirab karnaval tidak hanya diikuti oleh remaja saja tetapi anak-anak dan orang tua juga berpartisipasi untuk mengikuti karnaval tersebut.dan selesai karnaval ogoh-ogoh, pakaian dan juga pernak-perniknya di sewakan dan banyak desa lain yang minat menyewa karena banyak yang tergoda dengan ogoh-ogohnya yang sangat bagus dan mirip seperti dewa-dewa.

Peringatan hari kemerdekaan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya memiliki tujuan yaitu agar generasi muda tetap melestarikan kearifan budaya lokal dan menumbuhkan kecintaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.memiliki guna untuk memotivasi kreativitas atau seniman agar lebih inovatif dan kreatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline