Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Bank Sampah Tangsil Kulon

Diperbarui: 13 September 2023   23:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi 

PPK ORMAWA HIMAGIZI telah mengadakan sosialisasi pengaktifan kembali Bank Sampah di Tangsil Kulon pada tanggal pada 19 Agustus 2023 di . Sosialisasi ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan sampah organik yang masih banyak dibuang di sungai maupun di bakar. Sistem dari Bank Sampah Tangsil kulon sendiri ada point. Sistem pont ini membuat warga tidak menerima hasil berupa uang melainkan alat rumah tangga yang dapat digunakan. Rencana pembagian poin dapat berupa alat rumah tangga seperti serbet, sapu, minyak 1 liter dan lain sebagainya. Sampah yang dapat diserahkan tentu saja harus sudah dicuci alis bersih. Edukasi hal ini sangat penting karena mempengaruhi nilai jual sampah yang akan disetorkan. Sampah yang dapat disertakan pu  memiliki banyak jenis seperti kertas, kardus, seng bekas, minyak jelantah, botol dan gelas plastik bekas serta barang bekas lainnya seperti sepatu dan pakaian. 

Adanya bank sampah ,mendapat antusias dari warga tangsil kulon sendiri. Bank sampah tangsil kulon memiliki tujuan untuk ,menyadarkan pada masyarakat terkait bahaya sampah terhadap kesehatan jika tidak dikelola dengan baik serta pentingnya mengolah sampah sebelum akhirnya dibuang ke Tempat Pemrosesan akhir Bank sampah di Desa Tangsil Kulon menerima sampah organik dari masyarakat yang nantinya akan diserahkan ke BSI Bondowoso

Dengan adanya bank sampah di Desa Tangsil Kulon, diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke lingkungan. Selain itu, bank sampah juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat melalui program yang diberikan penghargaan bagi yang menyetor sampah. Bank Sampah Tangsil Kulon diharapkan akan terus berjalan dengan adanya edukasi bagi kader muda desa Tangsil Kulon.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline