Lihat ke Halaman Asli

Haloo Ar

Mahasiswa Pendidikan | Konselor Sebaya | Digital Marketing

Apakah Pendekatan Scientific itu?

Diperbarui: 19 Juni 2024   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kurikulum merdeka bukan menggantikan kurikulum 2013, tetapi melanjutkan. Salah satu hal yang dilanjutkan adalah penggunaan pendekatan scientific. Menurut kalian apa pendekatan scientific itu? Apa pentingnya?

Pendekatan scientific merupakan salah satu aspek penting yang dilanjutkan dalam kurikulum merdeka. Pendekatan ini merupakakn metode pembelajaran yang menerapkan prosedur ilmiah sebagai hal yang penting dalam proses mengkontruksi suatu pengetahuan, teori, dan kesimpulan. Pendekatan ini berfikir secara ilmiah dan menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis. Ini mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, dengan melibatkan mereka secara langsung dalam kegiatan observasi, bertanya, experimenting, associating dan communication proses penalaran kesimpulan atau hasil temuan yang mereka peroleh. Kita sebagai pendidik bisa mengkolaborasikan pendekatan ini dengan model pembelajaran PBL, Inquiry, discovering based learning atau bisa yang lainnya yang dipilih sesuai dengan karakteristik materi yang sedang dikembangkan.

Pendeketan scientific ini sangat penting bagi siswa karena melalui pendekatan ini dapat meningkatan kemampuan berfikir kritis dan inteluktual. Selain itu bisa meningkatkan kemampuan unutk menyelesaikan masalah (problem based learning), meningkatan communication skill, dan dapat meningkatkan rasa ingin tahu lebih tinggi (termotivasi).

Salah satu contoh penggunaannya jika kalian mengajar di tingkat SD/MI bisa di dalam pembelajaran IPA. Kita sebgaia pendidik bisa mengajarkan siswa untuk melakukan eksperimen sederhana, seperti mengamati pertumbuhan tanaman, mengukur suhu/volume dan kemudian mencatat hasilnya. Setelah itu, siswa diminta untuk menganalisis data yang mereka kumpulkan dan menyimpulkan hasilnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline