Lihat ke Halaman Asli

Amelia

Mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Cara Cepat Mengoperasikan Perkalian Aljabar sebagai Alternatif Kegiatan Belajar Selama Pandemi Covid-19

Diperbarui: 14 Mei 2020   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung hampir di seluruh negara yang ada di dunia, termasuk Indonesia, merupakan pandemic yang memiliki dampak global yang cukup besar. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin parah, pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan seperti PSBB, Work From Home, serta Belajar di rumah bagi siswa sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi.

Dengan berlakunya anjuran pemerintah untuk belajar di rumah, proses pembelajaran tetap dilakukan dengan menggunakan system pembelajaran daring. Salah satu pembelaaran yang tetap berjalan adalah pembelajaran matematika.

Matematika adalah ilmu keteraturan, ilmu tentang struktur yang terorganisasikan mulai dari unsur yang tidak didefinisikan, ke unsur yang didefinisikan ke aksioma atau postulat dan akhirnya ke dalil (Ruseffendi, 1980).

Salah satu materi yang dipelajari dalam matematika adalah aljabar, dan salah satu submateri yang dipelajari dalam aljabar adalah perkalian aljabar, yang umumnya mulai dipelajari pada tingkat SMP.

Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam mengoperasikan perkalian aljabar. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan variabel-variabel yang ada dalam aljabar, terlebih lagi saat siswa harus mengoperasikan variabel-variabel aljabar yang bernilai berbeda, misalnya salah satu varibel bernilai positif dan variabel lainnya bernilai negative.

Kesulitan siswa dalam mengoperasikan perkalian aljabar terlihat saat penulis memberikan soal pretes kepada siswa. Ketika penulis memberikan soal ini ( x - 2y ) (3x + 4y), siswa memberikan jawaban yang salah, jawaban yang diberikan siswa yaitu 3x^2 - 8y, sedangkan jawaban yang benar adalah 3x^2 - 2xy - 8y^2.

Dari hasil pekerjaan siswa di atas terlihat bahwa siswa kesulitan dalam memahami konsep perkalian aljabar, hal itu terjadi karena mereka siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan variabel-variabel yang ada dalam soal tersebut.

Beranjak dari kesulitan yang dialami siswa dalam mengoperasikan perkalian aljabar, penulis membuat suatu cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian.

Tujuan dibuatnya cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian adalah untuk mempermudah peserta didik dalam mengerjakan persoalan perkalian aljabar. Dengan tabel ini siswa tidak akan mengalami kesulitan-kesulitan saat mengalikan variabel-variabel yang ada dalam operasi perkalian aljabar.

Tabel ini bisa digunakan sebagai bantuan untuk mengoperasikan perkalian aljabar dengan bentuk satu variabel dikalikan dua variabel, dua variabel dikalikan dengan dua variabel, hingga perkalian n variabel dengan n+1 variabel.

Langkah-langkah Mengoperasikan Perkalian Aljabar Dengan Bantuan Tabel Perkalian

  • Buatlah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang telah disesuaikan dengan variabel-variabel yang akan dioperasikan.
  • Isi tabel dengan tanda dot (.) dan variabel variabel yang akan dioperasikan.
  • Kalikan setiap variabel yang ada
  • Jumlahkan setiap variabel yang telah dioperasikan
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline