Lihat ke Halaman Asli

Pengabdian Masyarakat oleh Dosen PG PAUD UNJ di Kecamatan Makasar Jakarta Timur tentang Implementasi Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 12 Juli 2024   01:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banner Workshop/dok. Himpaudi

"PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT (P2M) : Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek di Lembaga PAUD" oleh Dosen PG PAUD UNJ

Dosen PG PAUD UNJ melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) berupa Workshop di Taman Mini Square pada tanggal 25-26 Juni 2024. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan menggandeng HIMPAUDI kecamatan Makassar sebagai pihak kerjasama dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini.

Pelaksanaan kegiatan workshop mengangkat tema 'Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek di Lembaga PAUD' yang diketuai oleh Ibu Hikmah, MM., M.Pd. ini dilaksanakan secara tatap muka dan juga siaran langsung di channel Youtube Paud Merdeka UNJ, juga menghadirkan Ibu Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. dan Ibu Dra. Yudrik Jahja, M.Pd yang merupakan Dosen PG PAUD sebagai pemateri serta mengundang Bpk. Harapan Siburian selaku Penilik Kec. Makasar, Ibu Sih Rejoutomo selaku Ketua HIMPAUDI dan juga Ibu. Dr. Phill. Zarina Akbar, M.Psi. selaku perwakilan LPPM UNJ.

Dokumentasi pribadi

Workshop Pembelajaran Berbasis Proyek di Lembaga PAUD dilaksanakan oleh Ibu Hikmah, M.M, M.Pd., selaku ketua tim,  didukung oleh tim fasilitator yang merupakan mahasiswa PG-PAUD UNJ angkatan 2021 yaitu Amelia Puspita Sari, Ananda Gustiyani, Andika Bastian Simanjuntak, Ighfirli Inayati, Nazwa Putri Malika , dan Shalsabilla Eka Marizki, Fakhri Qolbi, Marshella Nur, Nadzifa Adistya, Afifah Fitrah, Anita Sari, S.Pd., Yuliyanih, S.Pd., Meiga Rosvita, S.Pd., Zulfi Nur Anisyah, Titi Syuhadah dan juga pihak dari HIMPAUDI Kec. Makasar. 

Sasaran dari kegiatan workshop ini adalah para pendidik PAUD yang berada di Kec. Makasar  yang berasal dari lembaga-lembaga PAUD yaitu Ta'am Alma'arif, Paud As-Salaamah, Paud Permata Bunda,Paud Bougenville, Paud Anggrek, Paud Flamboyan, Paud Bina Bangsa, Paud Tunas Indah, Ta'am Ihtirom, Paud Hananda, Paud Bonsay, Paud Perintis, Paud Matahari, Paud Kasih Bunda, Paud Budi Asih, KBN 22 Makasar, SPSN BBTB Cimel, Paud Melati, Paud Mawar 02, Paud Kuntum Melati, Paud Mawar Putih 011, Paud Bina Insani, BKB Paud Kamboja, BKB Paud Pelita Hati, Paud Tunas Bangsa. 

Penyampaian materi oleh Ibu Hikmah, M.M, M.Pd./dokpri

Penyampaian materi oleh Ibu  Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si./dokpri

Penyampaian materi oleh Ibu Dra. Yudrik Jahja, M.Pd./dokpri

Sesuai dengan tujuan diselenggarakannya workshop ini yaitu memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran berbasis projek di lembaga paud dan juga mengenalkan tentang Kurikulum Merdeka yang saat ini sedang digunakan dalam kurikulum pembelajaran di Indonesia, maka rangkaian materi workshopnya pun mengacu pada tujuan tersebut. Rangkaian kegiatan workshop disusun secara sistematis mulai dari kegiatan pembukaan, pre-test untuk menjajaki pemahaman awal peserta, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi yang disajikan secara interaktif dan informatif. 

Dokumentasi pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline