Lihat ke Halaman Asli

Gastritis pada Mahasiswa

Diperbarui: 7 Desember 2022   16:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Oleh: Amelia Oktaviani Ramadhan, Nur Fitra Dini, Riana Rosa

Latar Belakang

Gastritis atau sering disebut penyakit maag adalah penyakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak ditangani akan bersifat fatal. Biasanya penyakit gastritis bisa terjadi pada orang-orang yang memiliki pola makan yang tidak teratur dan sering memakan makanan yang memproduksi asam lambung. Gejala-gejala sakit gastritis selain nyeri di daerah ulu hati adalah mual, muntah, kembung dan terasa sesak nafas, nafsu makan menjadi menurun, wajah terlihat pucat, suhu badan meningkat, keluar keringat dingin, pusing dan selalu bersendawa, pada kondisi yang lebih parah bisa terjadi muntah darah (Menurut Wijoyo (2012) dalam Rostina (2022)).

Menurut (Smetzer dalam Rostina, 2022) faktor-faktor resiko yang sering menyebabkan gastritis salah satu diantaranya yaitu pola makan, orang yang memiliki pola makan yang tidak teratur mudah terserang penyakit ini. Pada saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung sehingga timbul rasa nyeri.

Pembahasan

Dalam penelitian yang telah kami lakukan, disini kami menggunakan metode kuesioner yaitu dengan memberikan seperangkat pertanyaan kepada mahasiswa yang dijadikan responden untuk dijawabnya. Berdasarkan hasil Google Form yang telah kami lakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada para responden yang telah kami dapat sebanyak 22 responden, terdapat hasil survei Google Formulir yang sudah kami dapatkan, pertanyaan pertama yaitu Apakah anda makan sehari sebanyak 3x, dari pertanyaan tersebut terdapat 31.8% mahasiswa yang menjawab Iya dan 68.2% mahasiswa menjawab Tidak. 

Tidak sedikit mahasiswa yang makan 2x sehari bahkan sekali dalam sehari, meningkatnya aktivitas seperti kegiatan dan tugas yang padat akan mempengaruhi perilaku hidup sehat, terutama pola makan mahasiswa sehari-hari. Pertanyaan yang kedua Apakah anda makan sesuai dengan jam yang anda tentukan, hasil yang diperoleh adalah 13.6% responden menyatakan Iya dan 86.4% responden yang menyatakan Tidak. Pola makan yang sehat, seimbang dan teratur mampu meningkatkan ketahanan fisik mahasiswa, berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta meningkatkan konsentrasi dalam belajar.

Pertanyaan ketiga yaitu Apakah anda mempunyai riwayat penyakit maag, dari pertanyaan ini terdapat sebanyak 59.1% responden yang mengalami gastritis dan terdapat sebanyak 40.9% responden tidak mengalami gastritis. Gastritis terjadi pada orang yang memiliki pola makan tidak teratur dan mengonsumsi makanan yang merangsang produksi asam lambung.

 Pertanyaan keempat yaitu Apakah maag anda kambuh saat anda terlambat makan, dari pertanyaan ini hasil yang didapatkan sebanyak 50% yang menyatakan Iya dan 50% menyatakan Tidak. Perut yang dibiarkan kosong atau ditunda dapat memicu produksi asam lambung berlebih sehingga menyebabkan penyakit gastritis yang sering kambuh. 

Pertanyaan terakhir yaitu Apakah anda meminum obat tiap kali maag anda kambuh, dari pertanyaan tersebut terdapat 13.6% responden menyatakan Iya dan 86.4% responden menyatakan Tidak. Jika mengalami gastritis sebaiknya mengubah pola makan, menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, dan mengonsumsi obat sesuai anjuran dari dokter jika kambuh.

Kesimpulan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline