Lihat ke Halaman Asli

Amelia

Mahasiswa UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Gali Potensi Desa Mahasiswa KKN Kelompok 116 UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri Purwokerto Lakukan Kunjungan Ke Pengrajin Kayu Desa Gunungjati, Tegal

Diperbarui: 2 Agustus 2024   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Dokumentasi Kelompok KKN 166 UIN SAIZU Purwokerto 

TEGAL_Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 116 UIN SAIZU Purwokerto melakukan kunjungan ke salah satu pengrajin kayu lokal bernama Yusuf Dicky (01/08/2024). Kunjungan ini juga merupakan bagian dari program guna menggali potensi desa berdasarkan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD).

Yusuf Dicky, seorang laki-laki yang mulanya bekerja sebagai engineering sebuah hotel di Jakarta, memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Desa Gunungjati, Tegal, Jawa Tengah saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada tahun 2019. 

"Awalnya usaha ini adalah kolaborasi dengan Karang Taruna Desa Gunungjati. Namun, karena beberapa alasan saya akhirnya memutuskan untuk meneruskan usaha kerajinan kayu ini secara mandiri. Dengan brand D'Zero Craft." Jelas Yusuf Dicky saat menerima kunjungan Kelompok KKN 116 UIN SAIZU Purwokerto.

Menurut Yusuf, keterampilan mengukir dan merakit furniture kayu yang dimilikinya merupakan hasil belajar otodidak dan keberaniannya dalam mencoba hal baru. Meskipun sebelumnya ia tidak memiliki keahlian khusus di bidang ini. Menurutnya pekerjaan ini adalah pekerjaan sepele tapi tidak bisa disepelekan.

"Ketika bikin sesuatu ada harapan dan tujuan downnya disitu, ketika tidak tercapai dari keduanya. Sebelumnya saya hanya membuat produk sederhana, tetapi setelah belajar lebih dalam, saya bisa menghasilkan aneka kerajinan seperti crafting, geometri dan lainnya. Saat ini, alhamdulilah beberapa orderan produk sudah tembus ke luar negeri seperti Austria dengan bantuan dari teman," tambah Yusuf.

Besar harapan Yusuf kepada kelompok KKN 116 UIN SAIZU Purwokerto dapat membantu dalam pemasaran, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat  untuk meningkatkan kesejahteraan di Desa Gunungjati  secara berkelanjutan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline