Lihat ke Halaman Asli

Amelia Mancini

Japanese food

Tips Menikmati Makanan Jepang yang Benar

Diperbarui: 15 Juli 2022   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jepang merupakan negara yang kaya akan budaya. Bahkan hingga saat menikmati makanan saja, Jepang punya budayanya sendiri.

Jepang mempunyai budaya makan yang sangat khas Asia Timur. Bukan dengan sendok dan garpu atau pisau, melainkan seperangkat alat makan keramik dengan sendok dan sumpit.

Hal ini akan cukup menyulitkan bagi konsumen yang bukan asli Jepang atau belum terbiasa dengan budaya Jepang. Mulai dari penggunaan alat makan, tahapan makan, hingga cara makan

Berikut tips cara menikmati makanan Jepang dengan benar: 

1.  Mulai dengan 'Itadakimasu'

Sebelum makan, orang Jepang akan mengucapkan "itadakimasu". Ini berlaku ketika kamu bersantap di antara orang Jepang atau ketika bersantap di restoran Jepang atau bepergian di Jepang.

Itadakimasu secara harfiah berarti "menerima dengan rendah hati" atau "bersyukur menerima makanan", namun makna sebenarnya lebih menyerupai "selamat makan!." Setelah itadakimasu dikatakan, barulah kamu bisa makan.

2. Menyantap Nasi

Saat menyantap nasi, biasakan mengangkat mangkuk nasi dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya mengambil nasi untuk dimakan.

Mangkuk tidak boleh dibawa mendekati mulut dan harus selalu berjarak dengan mulut. Hanya tangan yang memegang sumpit yang boleh bergerak membawa nasi masuk ke mulut.

3. Menikmati Miso soup

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline