Media online adalah bentuk dari kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan penting daam kehidupan manusia, salah satunya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dunia. Pada era sekarang ini, masyarakat menyadari akan pentingnya teknologi untuk mendapatkan informasi. Upaya tersebut dapat mengubah perilaku hidup sehat masyarakat yang awalnya tidak peduli akan kesehatan hingga menjadi termotivasi akan pentingnya menjaga kesehatan. Seiring perkembangan teknologi informasi sehingga hal tersebut digunakan sebagai bentuk kepercayaan dalam menciptakan aplikasi. Maka dari itu dirancang sebuah aplikasi edukasi kesehatan yang memiliki layanan informasi dengan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hidup sehat. Berbagai penelitian dilakukan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang canggih sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya. Di era sekarang ini didapatkan layanan informasi kesehatan melalui aplikasi Alodokter. Menjadi salah satu sitem e-health, Alodokter.com berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat dalam mencari informasi dari sumber yang terpercaya.
Alodokter menjadi perusahaan yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Alodokter menjalin kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Alodokter dengan IDI. Alodokter juga telah memiliki SOP terkait data pengguna yang dikelola sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam proses rekrutmen, dokter harus menghormati ketentuan umum yang berlaku untuk menjamin kualitas pelayanan yang diberikan. Setiap bulan, aplikasi Alodokter aktif dilihat oleh lebih dari 20 juta pengguna. Komunikasi yang terjadi dalam proses konsultasi apda aplikasi Alodokter termasuk komunikasi teermasuk komunikasi interpersonal, dalam komunikasi tersebut dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertukar ide, wawasan, dan informasi mengenai kesehatan.
Hubungan antara dokter dan pasien harus dibangun dengan baik, agar terciptanya harapan yang diinginkan pasien kepada dokter sehingga dokter dapat memberikan diagnosis yang akurat kepada pasien. Komunikasi antara dokter dan pasien merupakan komponen penting daam proses penyembuhan pasien karena termasuk dalam memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan memicu energi positif bagi pasien akan kesembuhan. Dalam komunikasi yang efektif terdapat proses komunikasi interpersonal antara dokter dan pasien:
1. Menghormati: terdapat rasa saling menghormati dan menghargai antara dokter dan pasien.
2. Empati: dokter berempati agar pasien menyampaikan dengan jelas keluhan yang diderita terlebih dahulu.
3. Dapat terdengar dengan baik: pasien dapat menggunakan foto atau video untuk membantu menjelaskan kodisi/keluhan yang sedang dialami.
4. Kejelasan: dokter dapat memberikan penjelasan informasi dengan jelas dan menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh pasien.
5. Rendah hati: sikap rendah hati dari dokter tidak memberikan batasan konsultasi bagi setiap pasien, pasien juga memahami dan patuh terhadap anjuran dokter.
Untuk menggunakan aplikasi Alodokter terdapat bebrapa langkah yang harus dilakukan:
1. Mengakses situs wes atau aplikasi Alodokter
2. Log In untuk membuat akun dengan memasukkan nama, alamat email, dan nomor telepon. Setelah mendafatar, masuklah ke akun dengan menggunakan email dan kata sandi yang telah didaftarkan.
3. Di halaman utama Alodokter akan terlihat berbagai kategori atau topik terkait kesehatan. Pilih kategori atau topik yang sesuai. Seperti menu chat untuk berkonsultasi.
4. Menu chat, telusuri berbagai jenis dokter yang ingin dipilih.
5. Pilih dokter, pilih dokter yang tersedia untuk dapat melayani konsultasi.
6. Menu pembayaran, setelah memilih dokter yang diinginkan, selanjutnya diarahkan pada menu pembayaran yang tersedia beberapa metode pembayaran.
7. Room chat, selanjutnya tuliskan pertanyaan yang jelas tentang konsultasi kesehatan kepada dokter. Tunjukkan keluhan yang dialami dengan informasi yang detail.
8. Selesai, setelah berkonsultasi dengan dokter selesai, room chat akan berakhir dengan instruksi pemberian ulasan singkat kepada dokter.
9. Memanfaatkan fitur tambahan, selain mendapatkan jawaban dari dokter, Alodokter juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti diskusi forum, artikel kesehatan, dan janji temu dengan dokter atau rumah sakit terdekat.
Alodokter menjadi aplikasi kesehatan yang terkemuka di Indonesia, memberikan kontribusi yang signitikan dalam meningkatkan aksesibilitas akan kesehatan masyarakat. Aplikasi Alodokter menyediakan fitur-fitur yang dapat diakses:
1. Konsultasi medis
2. Janji temu bersama
3. Artikel dan informasi kesehatan
4. Pencarian fasilitas
5. Alodokter shop
Adapun pengaruh dari aplikasi Alodokter terhadap peningkatan kesehatan masyarakat akan efetif apabila mendapatkan respon, perhatian, pengertian, serta penerimaan secara baik maka pengaruh tersebut akan merubah sikap masyarakat akan hidup sehat. Informasi yang diberikan dalam aplikasi alodokter mampu membnatu dan mudah untuk mendapatkan informasi yang detail dan terpercaya mengenai hal yang dikonsultasikan. Adanya aplikasi Alodokter, masyarakat lebih terbantu akan masalah kesehatan walaupun saat dimana ruang dan gerak masyarakat yang cukup dibatasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H