Lihat ke Halaman Asli

Amelia Azhar

mahasiswa

Pasar Oligopoli, Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahannya

Diperbarui: 28 Oktober 2023   00:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tahukah kalian apa itu Pasar Oligopoli itu?ya, Pasar Oligopoli merupakan pasar yang hanya terdapat beberapa perusahaan atau penjual yang memproduksi barang sejenis, jadi tidak terlalu banyak pesaingnya.

Kalau untuk secara umum oligopoli itu keadaan yang hanya ada sedikit perusahaan yang menguasai pasar baik secara sendiri sendiri (independen)  atau secara bersama sama yang mana pelaku antar perusahaan saling ketergantungan satu sama lain.

Pasar Oligopoli

adalah kondisi pasar yang kapasitas nya hanya dikuasai oleh beberapa perusahaan dan pasar ini juga merupakan pasar tidak sempurna karna jumlah produsen atau penjual nya lebih sedikit tapi pembeli nya relatif banyak.

Pasar Oligopoli memiliki tujuan agar konsumen bisa leluasa memilih produk yang mereka inginkan atau yang mereka cari.

Ciri Ciri Pasar Oligopoli memiliki aspek, karakteristik, strategi, berikut ciri ciri nya:

1. Memiliki sifat saling mempengaruhi (mutual interpedence).
2. memiliki produsen setidaknya 2-10 perusahaan.
3. Produk yang dijual Homogen atau seragam.
4. Penentu harga barang/ jasa oleh satu produsen jadi pertimbangan pesaing.
5. Para Produsen yang menguasai pasar sangat ketergantungan.
6. Produsen baru sulit masuk karena produsen utama sangat kuat.
7. Strategi pemasaran yang matang.

Kelebihan Pasar Oligopoli:

1. Persaingan yang cukup ketat untuk produsen memberikan manfaat terbaik kepada konsumen.
mereka menyadari konsumen akan menyukai produk yang kualitan dan terjangkau.
2. Cenderung menjual produk yang Homogen tetapi mereka bisa memilih produk yang sesuai.

Kelemahan Pasar Oligopoli:

1. Produsen memberikan biaya sekaligus promosi yang sangat besar karena cara ini dilakukan untuk menarik para konsumen.
2. Adanya persaingan ketat pada pasar yang membuat perusahaan baru sangat sulit memasuki daerah pasar.
3. Sering perang banting harga antar produsen karena ingin memikat hati para konsumen untuk membeli produk tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline