Lihat ke Halaman Asli

amelia

Mahasiswi

Dampak Korupsi terhadap Kesenjangan Masyarakat

Diperbarui: 13 Desember 2022   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini tindakan korupsi sangat meresahkan masyarakat. Masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama disuatu tempat yang sama, dalam kurun waktu yang lama. Masyarakat dan tindak korupsi itu saling berkaitan dimana dalam suatu masyarakat terdapat pemimpin yang dapat melakukan korupsi kapan saja. Korupsi merupakan tindakan kecurangan baik penyalahgunaan wewenang untuk mencapai keinginan ataupun pencurian yang dilakukan pejabat guna mencapai kepentingan pribadi. 

Telah kita ketahui bahwa korupsi sudah tidak asing lagi di telinga. Para pejabat yang melakukan tindak korupsi tidak melihat banyaknya kesenjangan di dalam masyarakat oleh karena itu perlu kita ketahui bahwa kesenjangan dalam masyarakat dapat berupa  kese njangan sosial ataupun kesenjangan ekonomi. Kesenjangan social merupakan suatu kondisi dimana terjadi ketidakseimbangan antara perbedaan masyarakat kalangan atas dan bawah. Sedangkan kesenjangan ekonomi merupakan suatu kondisi dimana masyarakat tidak dapat memenuhi suatu kebutuhan hidupnya karena tidak adanya kesempatan untuk memperbaiki hidup. 

Meskipun korupsi terjadi di masyarakat tetapi tidak langsung berdampak pada kehidupan kita namun jika korupsi terus berlanjut maka dampaknya akan kita rasakan secara langsung dan akan membuat kehancuran di sekitar.

Seperti diibaratkan Indonesia sebagai perahu besar yang berlayar menyebrangi samudra yang luas dimana kapal itu mengangkut penumpang dari berbagai kepentingan, agar kapal dapat mencapai tujuan dengan selamat maka kapten kapal harus menegakkan aturan main seperti yang mereka sepakati. Kalau kapten kapal tersebut tidak menegakkan aturan maka kapal tersebut sudah tenggelam dilautan samudera.

 Korupsi dapat disebabkan karena adanya ketimpangan pendapatan atau gaji antara sector public dan swasta, gaya hidup dan pola konsumsi yang berlebihan serta standar pengeluaran pemerintah yang tidak mencukupi. Dampak korupsi pada kesenjangan sosial ekonomi sangat berpengaruh kepada masyarakat miskin  misalnya yaitu banyak masyarakat miskin yang kelaparan, pendidikan tidak merata, pembangunan yang tidak merata, adanya pembatasan untuk menikmati fasilitas kesehatan maupun pendidikan serta banyaknya bantuan yang tidak mencapai sasaran.

Suatu tindakan korupsi yang bertujuan untuk memperkaya atas kehidupannya sendiri semakin membuat kasta di antara masyarakat miskin. Oleh karena itu semakin maraknya tindakan kejahatan yang dilakukan guna mendapatkan uang seperti halnya mencuri ataupun merampok. Para pejabat pelaku korupsi seharusnya dapat merasakan akibat dari tindakan korupsi terhadap masyarakat miskin sebelum bertindak korupsi. Dampak korupsi terhadap ekonomi. 

Korupsi berdampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi dimana banyaknya masyarakat tidak mendapatkan haknya secara adil, oleh karena itu pertumbuhan ekonomi semakin melambat di berbagai daerah. Korupsi yang dilakukan berupa suap, penggelapan dan pungli juga dapat menyebabkan berkurangnya anggaran pembangunan untuk infrastruktur yang mengakibatkan infrastruktur yang dibangun berkualitas rendah oleh karena itu  rendahnya pembangunan atau kualitas infrastruktur dapat mengganggu akses masyarakat.

 Jadi korupsi yang dilakukan itu sangat berdampak kepada masyarakat miskin dimana masyarakat merasakan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup, menyandang pendidikan dan menikmati saran yang di sediakan pemerintah, maka untuk melakuan pemberantasan terhadap korupsi yang terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Perlu adanya pembuatan organisasi pemberantasan korupsi dan bukan sekedar membuat saja tapi juga adanya tindakan tindakan yang dilakukan untuk memberantas segala aspek yang berkaitan dengan tindakan korupsi di sekitar. Tidak hanya pemerintah saja tetapi masyarakat juga harus ikut serta dalam pemberantasan korupsi.

Daftar pustaka :

Rahmat s, nur " korupsi dalam perspektif agama-agama"

Acch.kpk.go.id " modul 3 dampak social korupsi"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline