Lihat ke Halaman Asli

Menggabungkan Digital Marketing dan Public Relations: Sukses dalam Era Digital

Diperbarui: 4 November 2023   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Jakarta, 25 Maret 2023 - Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) telah berhasil menyelenggarakan Webinar #31 Ilmu Komunikasi dengan tema "Digital Marketing Public Relations melalui Perspektif Komunikasi." Acara daring ini menjadi wadah penting untuk memahami peran kunci komunikasi dalam era digital yang semakin berkembang.

Webinar ini dimulai dengan sambutan dari Profesor Dr. H. Suharyadi, Rektor UNDIRA, yang membahas perkembangan pesat digital marketing di seluruh dunia dan di Indonesia. Profesor Suharyadi menyoroti bagaimana digitalisasi marketing telah memulai langkahnya dengan email, dan kemudian muncul platform-platform populer seperti Instagram, YouTube, dan TikTok, yang menjadi sasaran utama dalam strategi pemasaran. Beliau juga menekankan pentingnya mahasiswa menguasai digital marketing, yang akan memberikan manfaat besar bagi perkembangan karier mereka.

Webinar dilanjutkan dengan pemaparan oleh Bapak Ari Yuda Laksmana, seorang Leadership & Habit Coach yang juga Praktisi dan Konsultan HR Management Trainer tersertifikasi BNSP. Ari Laksmana berbicara tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan data dengan cepat dan menganalisis perilaku manusia untuk memprediksi keinginan mereka. Ia juga menyoroti pentingnya membangun pesan yang efektif dalam komunikasi di era digital.

Pentingnya digital PR juga menjadi fokus dalam acara ini. Pemaparan dari Bapak Agung Laksamana, Founder of Public Affairs Forum Indonesia (PAFI) dan EVP Government Relations, External Affairs & Corpcomms PT Freeport Indonesia, Ketua Perhumas Periode 2014-2020, mencakup peningkatan penggunaan media sosial, keterlibatan influencer, perkembangan platform digital PR seperti situs berita online, blog, dan platform podcast, peningkatan fokus pada konten, serta pemanfaatan teknologi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi.

Beliau juga mengutip, "Public relations is not about Reputation: the results of what you do, what you say, and what others say about you," untuk menyoroti peran kunci public relations dalam membangun citra dan komunikasi perusahaan. Kehadiran teknologi mobile seperti iPad dan ponsel juga ditekankan, yang mendukung transformasi digital dalam marketing dan PR. Webinar ini menjadi ajang berharga untuk memahami perkembangan terkini dalam dunia komunikasi digital.

Webinar#31 Ilmu Komunikasi ini berhasil memberikan wawasan mendalam tentang peran penting digital marketing dan public relations dalam era digital. UNDIRA berkomitmen untuk terus mendukung pemahaman dalam bidang ini dan menyajikan narasumber terkemuka bagi mahasiswa dan para profesional. Acara ini juga mencerminkan peran UNDIRA dalam memajukan pemahaman komunikasi digital yang semakin krusial di zaman yang semakin terhubung dan mobile.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline