Lihat ke Halaman Asli

Wanita Insan Mulia

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Wanita adalah insan yang paling mulia. Manusia terlahir oleh seorang wanita yang dipanggil "Ibu" oleh anak-anaknya. Lalu apa istimewanya mereka para wanita?

Setiap wanita mendambakan kecantikan fisik. Tetapi ingat, kecantikan yang hakiki adalah kecantikan yang berasal dari dalam yang disebut "Inner beauty". Inner beauty adalah hal yang lebih penting daripada kecantikan fisik belaka, lebih diutamakan untuk pencitraan diri sebagai seorang muslimah.

Wanita muslimah seharusnya menjaga kecantikan dari dalam. Seperti apa kecantikan dari dalam itu? Kecantikan dengan menjaga sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari, serta menggunakan anggota tubuh untuk hal-hal yang baik berdasarkan sudut pandang syariat Islam.

Allah ta'ala berfirman disurat Al-Furqan ayat 63, yang artinya “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang- orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang mengandung keselamatan.” bermakna Allah pun dengan tegas menyatakan bahwa antara ciri hamba-Nya yang baik adalah mereka yang baik ucapannya. Mereka yang apabila dihina atau dicaci oleh orang yang jahil atau tidak berilmu, mereka tidak membalasnya kecuali dengan kata-kata baik dan lemah lembut.

Hendaknya seorang wanita muslimah menjauhi perbuatan yang disebut ghibah. Maka hendaknya para muslimah memperhatikan apa-apa harus mereka ucapkan. Jangan sampai menyinggung hati orang yang berada disekitarnya. sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Seorang muslim sejati adalah bila kaum muslimin merasa selamat dari gangguan lisan dan tangannya.”

Wanita mempunyai sepasang bola mata yang indah yang semestinya digunakan untuk melihat hal-hal yang baik-baik bukan melihat keburukan saja. Seseorang muslimah yang menjaga pandangan berarti dia menjaga harga diri dan kemaluannya.

Telinga pun digunakan untuk mendengarkan perintah Allah SWT. Sepasang telinga yang indah dan baik adalah yang bisa mengambil ilmu yang sangat bermanfaat.

Tangan seorang wanita penuh kasih dan sayang, merawat dan membesarkan anak dengan belaian kedua tangan. Selain untuk anaknya, wanita juga sibuk mengurusi pekerjaan rumah tangga, karena seorang wanita adalah pemimpin di dalam rumahnya.

Memiliki rahim yang kuat untuk menyimpan benih yang akan menjadi seorang bayi mungil selama 9 bulan dengan banyak perubahan terjadi dalam dirinya. Sungguh luar biasa mereka seorang wanita. Allah SWT memuliakan wanita.

Belum lagi setelah melahirkan, dia akan menyusui anaknya dengan air susu yang dikeluarkan dari tubuhnya. Bersyukurlah engkau yang terlahir sebagai seorang wanita.

Adapun nasihat untuk wanita muslimah agar dia selalu mendapatkan kedudukan mulia, yaitu, Bertakwa kepada Allah SWT (mendirikan salat 5 waktu, berpuasa pada bulan Ramadan, serta menutup auratnya), menjaga kehormatan diri dan taat pada suami, merawat dan mendidik anak dalam kebaikan, dan menjaga keadaan rumah agar selalu nyaman untuk suami dan anaknya.

Subhanallah...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline