Lihat ke Halaman Asli

Memberikan Edukasi kepada Murid TK At - Taubah tentang Kasih Sayang Sesama Makhluk Hidup

Diperbarui: 30 Juni 2024   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kasih sayang atau yang sering disebut "rahmah" adalah konsep yang sangat fundamental dan mencakup berbagai aspek kehidupan. Islam mengajarkan untuk menunjukkan kasih sayang dan kepedulian kepada sesama manusia, tanpa memandang agama, ras, atau status sosial. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Orang-orang yang penyayang akan disayangi oleh Yang Maha Penyayang. Sayangilah yang ada di bumi, niscaya kalian akan disayangi oleh yang ada di langit" (HR. Tirmidzi). 

Dan tema  ini menjadi salah satu yang baik untuk mengedukasi anak murid TK At - Taubah Matraman, Jakarta Timur. Karena ini sangat penting dalam menjalin kehidupan terhadap sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan. Kemudian Kasih sayang adalah elemen penting dalam mendidik anak-anak, terutama di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), karena dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi anak-anak dalam kegiatan sekolah. Ketika anak-anak merasa dihargai dan didukung, mereka lebih cenderung berpartisipasi aktif dalam kegiatan kelas.

Anak-anak yang menerima kasih sayang dari orang yang lebih dewasa mereka cenderung mengembangkan keterampilan sosial yang lebih baik. Mereka belajar untuk berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang positif dan penuh empati. Kemudian Kasih Sayang ini juga sangat membantu anak - anak TK At - Taubah dalam membentuk perkembangan yang kognitif tidak hanya itu, ini juga dapat berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian mereka di masa depan. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline