Lihat ke Halaman Asli

Ambar Nadia Kusumadewi

Sarjana Terapan Administrasi Negara

Rekomendasi Jurusan yang Berpeluang Menjadi Customer Service

Diperbarui: 31 Mei 2022   11:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berbagai jenis pekerjaan yang kita tekuni memang membutuhkan komitmen dan penguasaan tugas. Seperti halnya Customer Service, pasti anda sering menemukan pekerjaan ini di berbagai bidang perusahaan. 

Mulai dari bank, hotel, dan jasa lainnya. Biasanya seorang Customer Service berasal dari jurusan ilmu komunikasi, ilmu administrasi, manajemen, bisnis, dan jurusan relevan lainnya. Ilmu Administrasi sendiri merupakan ilmu sosial yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak sehingga dapat dikatakan bahwa jurusan ini mempelajari tata kelola organisasi yang tidak lepas dengan pengumpulan dan pengelolaan data.

Tapi apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab dari Customer Service? Sebelum mengetahui apa tugas dan tanggung jawabnya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu arti Customer Service itu sendiri.

Profesi Customer Service sebagai seorang komunikator. Seorang komunikator adalah penghubung antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak luar lainnya yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Anda juga berkewajiban memberi kemudahan kepada tamu atau klien, siap menerima keluhan, keberatan, serta bersedia menjadi tempat berkonsultasi.

Sebagai deskman dalam menjalankan fungsi Customer Service, anda harus bisa melayani berbagai jenis permohonan yang diajukan tamu, mulai dari mengisi formulir hingga membantu kelengkapan data yang menjadi persyaratan. 

Customer Service juga berfungsi sebagai ujung tombak perusahaan yang turut menentukan kesuksesan perusahaan. Sebab anda harus bisa menjelaskan segala sesuatu tentang produk yang ditawarkan agar calon pelanggan tertarik dan akhirnya membeli atau menggunakannya.

Dalam berinteraksi dengan konsumen, seorang Customer Service harus mampu memastikan bahwa masalah yang dialami konsumen terselesaikan. Oleh sebab itu, anda perlu memahami prosedur dan kegiatan-kegiatan teknis perusahaan agar dapat memberi solusi yang tepat sesuai kebutuhan konsumen.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline