Strategi Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Langkah-Langkah Menuju Sekolah Unggul
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan yang berlangsung di sekolah maupun di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan siswa agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Pendidikan dipercaya sebagai alat strategis meningkatkan taraf hidup manusia. Melalui pendidikan, manusia menjadi cerdas (intelegence), memiliki kemampuan atau keahlian (skill), sikap hidup yang baik (attitude), sehingga dapat bergaul dengan baik di masyarakat.
Seiring dengan perkembangan yang terus berubah dalam era kemajuan teknologi yang penuh dengan persaingan dan semakin kompetitif seperti saat ini, sekolah yang mampu bertahan adalah sekolah yang memiliki kualitas dan ciri khas tertentu. Lembaga-lembaga pendidikan yang tidak berkualitas tidak akan dapat bertahan dan tersingkir dengan sendirinya dan ditinggalkan oleh pelanggan karena tidak memiliki daya saing untuk berkompetisi. Bermunculnya sekolah-sekolah baru menimbulkan fenomena dalam dunia kependidikan sehingga menyebabkan persaingan antar sekolah semakin atraktif.
Di Indonesia, peningkatan mutu sekolah telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Melalui berbagai langkah dan kebijakan, pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat telah berkolaborasi untuk mengangkat standar pendidikan di negara ini. Namun, sejumlah tantangan masih menghambat proses ini, sehingga diperlukan langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan mengulas upaya-upaya konkret yang dilakukan untuk Peningkatan mutu sekolah di SMP Keluarga Kusuma Marsudirini Tanjung Priuk.
Salah satu permasalahan utama dalam sistem pendidikan Indonesia adalah rendahnya mutu sekolah. Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini antara lain kurangnya fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai. Keterbatasan akses terhadap pendidikan berkualitas bagi masyarakat dengan ekonomi rendah. Kurangnya kualifikasi dan jumlah guru yang memadai serta sistem evaluasi pendidikan perlu diperbaiki. Begitu juga yang dialami di SMP Keluarga Kusuma Marsudirini Tanjung Priuk beberapa tahun lalu.
Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan tekanan terhadap infrastruktur pendidikan, sementara ketimpangan pendidikan antara perkotaan dan pedesaan semakin memperburuk situasi. Ditambah lagi, kurangnya anggaran pendidikan yang memadai dari pemerintah menambah beban sistem pendidikan. Selain itu, kurangnya pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan zaman juga menghambat mutu pendidikan.
Sekolah sebagai salah satu pusat pelaksana kegiatan pendidikan merupakan lembaga terstruktur yang memiliki peran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sekolah sebagai institusi mikro yang berperan langsung dalam mencetak generasi Indonesia yang berkualitas, sudah seharusnya memperoleh perhatian yang besar dari pemerintah dan masyarakat. Sekolah akan berfungsi dengan maksimal jika didukung oleh sistem manajemen yang terencana yang didukung sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sarana-prasarana serta dana/biaya pendidikan yang tepat. Penerapan peraturan dan sistem manajemen yang baku dalam lembaga pendidikan tentunya sangat dibutuhkan dalam upaya pemaksimalan potensi sekolah sehingga terciptalah pendidikan yang bermutu.Sekolah yang bermutu berkolerasi terhadap peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas. Semakin baik mutu sebuah sekolah idealnya akan menghasilkan input, proses dan output yang baik pula. Peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pengembangan sumber daya manusia. Upaya tersebut harus dilakukan secara terencana, terarah, dan intensif, sehingga mampu menyiapkan bangsa memasuki era globalisasi yang sarat persaingan. Pendidikan berkualitas diyakini sebagai cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, pendidikan di Indonesia belum mampu menuju pada peningkatan kualitas, sebaliknya masih berkutat pada kuantitas semata.
Peningkatan mutu sekolah adalah tujuan yang penting untuk mencapai pendidikan yang berkualitas dan memberikan dampak positif pada siswa, tenaga pendidik, serta komunitas sekolah.
Berikut adalah beberapa strategi efektif yang dapat diterapkan untuk mencapai hal tersebut:
1. Pengembangan Visi dan Misi Sekolah :