Lihat ke Halaman Asli

Ambar Prawati

Mahasiswa Ilmu Politik

Perlukah Halal Traveling? Indonesia Gencarkan Kerja Sama Halal Tourism

Diperbarui: 6 Januari 2023   19:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pada 2022 populasi umat muslim di Indonesia berdasarkan The Royal Islamic Stategic Studies Centre (RISSC) diperkirakan sebanyak 237,56 juta jiwa. Berdasarkan hal tersebut Indonesia kembali berhasil menjadi negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia pada tahum 2022 mengalahkan 7 negara lainnya.

Pakistan berhasil menduduki urutan kedua dengan jumlah penduduk beragama Islam sebanyak 213,27 juta jiwa. Kemudian disusul oleh India di urutan ketiga dengan jumlah penduduk beragama Islam sebanyak 206,11 juta jiwa. Sementara Bangladesh, Nigeria, Mesir, Iran dan Turki berada di posisi setelahnya.

Dengan Indonesia menduduki posisi pertama sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia, maka kebutuhan umat Islam baik dari dalam maupun luar negeri semakin meningkat. Berbagai macam barang dan jasa dengan label halal menjadi prioritas utama bagi umat muslim.

Ketersediaan barang dan jasa yang halal terkadang menjadi kendala bagi umat muslim yang menjadi penduduk Indonesia maupun penduduk di negara lain. Terlebih saat umat muslim berpergian di beberapa negara non-muslim yang menjadi tujuan wisata. Ketersediaan akan makanan halal menjadi permasalahan utama para pelancong muslim. Terlebih kebutuhan akan barang dan jasa yang halal di tujuan wisata tersebut belum tentu tersedia.

Potensi wisata halal menjadi peluang bagi Indonesia dengan perkembangan produk halal sebagai trend global. Terlebih lagi Indonesia telah memiliki potensi di sektor pariwisata dengan berbagai keanekaragaman adat istiadat dan kekayaan alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Dengan berbagai potensi yang ada, Indonesia dapat mengembangkan sektor pariwisata ke manca negara dengan melakukan kerja sama dengan negara lain dalam sektor pariwisata halal. Indonesia telah melakukan pengembangan sektor pariwisata halal ini dengan berbagai negara yang bergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), seperti Maladewa dan Azerbaijan.

Hubungan bilateral Indonesia dengan Maladewa dalam sektor pariwisata ini menjadi kerja sama yang potensial. Terlebih lagi adanya beberapa kesamaan antara Indonesia dan Maladewa yang membuat kerja sama ini dipandang akan menjadi kerja sama yang menguntungkan. Karena Maladewa merupakan negara kepulauan dengan 100% penduduknya beragama Islam. Dengan kesamaan besar di bidang pariwisata inilah Indonesia dan Maladewa sepakat melakukan kerjasama dan saling mempromosikan wisata  satu sama lain untuk mengembangkan potensi wisata yang ada.

Sedangkan Hubungan bilateral Indonesia dengan Azerbaijan telah disepakati dalam pertemuan ke-11 Konferensi Islam Menteri Pariwisata Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)  mengenai pariwisata halal juga terkait dengan perdagangan produk halal Indonesia yang bisa masuk ke Azerbaijan. Terlebih Indonesia telah melakukan lebih dari 30 tahun kerjasama dengan Azerbaijan. 

Dengan adanya perluasan sektor kerjasama di sektor pariwisata halal ini mempererat hubungan kedua negara. Azerbaijan sebagai negara dengan berbagai wisata yang terkenal di dunia juga memiliki wisata sejarah religi bagi umat Islam, bangunan bersejarah dalam Islam yaitu Masjid Juma yang menjadi bukti adanya Islam pada Dinasti Umayyah menjadi salah satu destinsai bersejarah di Azerbaijan.

Adaya kerja sama baik antara Indonesia dengan Maladewa mapaun dengan Azerbaijan terbentuk karena adanya dorongan dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dalam pengembangan pariwisata di negara-negara anggotanya. Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sendiri merupakan kerja sama multilateral yang kini telah memiliki 57 negara anggota. Indonesia telah bergabung dengan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sejak tahun 1969.

Bukan hanya pariwisata biasa, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) berupaya mengembangkan kembali pariwisata dengan memanfaatkan potensi besar setiap anggota negara OKI pada sektor pariwisata halal. Pariwisata halal ini ditujukan untuk seluruh negara di dunia agar dapat menjadi sasaran wisatawan muslim dari penjuru dunia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline