Lihat ke Halaman Asli

Kemilau Ramadhan SD Islam Bani Hasyim: Belajar Adab Melalui Kerja Sama

Diperbarui: 19 Mei 2024   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram @niskala_adiwarna

Di bulan suci Ramadhan, semangat kebersamaan dan kebaikan semakin terasa di SD Islam Bani Hasyim. Para siswa tidak hanya belajar tentang pelajaran akademis, tetapi juga nilai-nilai adab dan kerja sama melalui berbagai kegiatan yang mempererat tali persaudaraan di antara mereka.

Kegiatan pondok Ramadhan di SD Islam Bani Hasyim yang menjadi kegiatan tahunan setiap bulan Ramadhan ini merupakan salah satu kegiatan yang menjadi sorotan tersendiri baik oleh guru, siswa, ataupun orang tua. Tahun ini SD Islam Bani Hasyim mengadakan pondok Ramadhan yang diisi dengan kegiatan berbagi takjil, kunjangan ke panti asuhan, buka bersama, solat tarawih bersama, serta membagikan zakat di  minggu terakhir bulan Ramadhan.

Namun kegiatan pondok Ramadhan tahun ini sedikit berbeda, karena SD Islam Bani Hasyim bekerja sama dengan mahasiswa KKM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang untuk mengisi kegiatan Ramadhan, tepatnya di hari sabtu minggu kedua dan ketiga bulan Ramdhan. Dalam kegiatan ini, siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5 dibagi dalam dua fase. Di hari sabtu minggu kedua diikuti oleh kelas 1 sampai kelas 3, sedangkan diminggu ketiga diikuti oleh kelas 4.

Secara umum kegiatannya diisi dengan penayangan video animasi terkait adab dan lomba antar kelompok. Setiap tingkatan kelas diisi dengan lomba berkelompok yang berbeda, kelas 1 lomba memasang puzzle dan merangkai kata sesuai dengan gambar puzzle, kelas 2 lomba menyusun surat pendek, kelas 3 lomba mencari kata, sedangkan kelas 4 lomba mencari kata dan kuis interaktif anat kelompok.

Tujuan dari diisinya kegiatan tersebut di bulan Ramadhan adalah untuk memberikan pengetahuan baru terkait adab kepada peserta didik melalui video interaktif supaya peserta didik tidak bosan dan tertarik untuk memperhatikan dari awal hingga akhir. Sehingga pengetahuan atau pesan yang ada dalam video tersebut dapat tersampaikan dengan maksimal.

Selain itu, kegiatan lomba yang dilakukan secara berkelompok ini bertujuan agar masing-masing peserta didik saling bekerja sama guna meningkatkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan dalam memecahkan masalah juga dapat ditingkatkan melalui kegiatan lomba tersebut. Hal ini dilihat dari setiap kelompok yang diberikan tantangan untuk menyelesaikan tantangan lomba dengan cepat dan tepat supaya mendapat juara.

Dengan adanya program seperti ini, diharapkan siswa-siswi SD Islam Bani Hasyim dapat tumbuh menjadi generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki adab yang luhur dan mampu bekerjasama dengan baik dalam berbagai situasi. Selain itu program ini juga dapat menjadi contoh bagaimana pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam program pembelajaran harian, sehingga membentuk siswa-siswi yang berakhlak mulia dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline