Lihat ke Halaman Asli

Ika KDI 1 Populerkan Soundtrack Silariang

Diperbarui: 8 April 2018   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga Bantaeng padati Lapangan Parkir Pantai Seruni saksikan penampilan Ika KDI 1 (07/04/18). /dokpri

Bantaeng, Minggu (08/04/2018). Lagu Sajeng Rennu, salah satu lagu yang dilantunkan Ika KDI 1 di Lapangan Hitam Pantai Seruni Bantaeng, Sabtu malam (07/04). Kehadirannya di Bantaeng dalam rangka event bertajuk Motor Show 2018 yang digelar Yamaha melalui PT. Sentosa Jaya Motor sebagai satu dari sekian dealer berpredikat premium di Indonesia.

Berlirik Bugis, lagu ini sengaja dinyanyikan untuk menggambarkan ikhwal cerita kasih tak sampai yang duduk di pelaminan bukan dengan pacar idaman hati. Sementara itu, lagu Sajeng Rennu dinobatkan sebagai Soundtrack Film Silariang yang saat ini lagi booming. Dalam bahasa Indonesia diartikan Cinta Yang (Tak) Direstui.

Termasuk masyarakat Bantaeng kebagian waktu menyaksikannya. Film ini bakal ditayangkan di Balai Kartini Bantaeng hari ini, Minggu 8 April 2018 berkat kerja sama apik antara Bonthain Institute dan Forum Anak Butta Toa (FABT).

Film ini berlatar belakang budaya Bugis-Makassar. Mengisahkan sepasang kekasih tak direstui kedua belah pihak keluarga. Alur ceritanya menggambarkan bagaimana Yusuf (diperankan Bisma Karisma) dan kekasihnya Zulaikha (diperankan Andania Suri) larut dalam sebuah kisah percintaan.

Cinta tulus keduanya terhalang tembok besar. Akhirnya kawin lari dipilih akibat perilaku Puang Rabiah (diperankan Dewi Irawan) tidak merestui anaknya, Zulaikha menikah dengan Yusuf.

Fenomena seperti ini lazim terjadi di masa lalu, khususnya bagi kalangan Suku Bugis-Makassar. Lambat laun Silariang atau kawin lari berangsur-angsur pudar dan berkurang seiring kemajuan zaman serta tingkat pemahaman orang tua akan pentingnya membahagiakan anak ketimbang memaksakan kehendaknya.

"Dalam Film Silariang ini saya berperan sebagai Mama Tenri. Mama dari Ali yang baku lari bersama Syamsiah. Dan saya yang menyanyikan lagu Sajeng Rennu yang dipilih sebagai OS Soundtracknya." ungkap Ika.

Sepenggal lirik lagu Sajeng Rennu yakni "AwwiAwwiihhh... Terri peddi atikku. Ucapu campa aroku. Uitamu tudang botting. Teppasemmu tekkareba. Artinya Aduuuuuhhh... Menangis sedih hatiku. Kuusap-usap dadaku. Saat kulihat dirimu duduk di pelaminan. Tanpa pesan dan tanpa berita."

Mengawali lagu ini, Ika berpesan, "Sabarko di nak (sabar nak). Ini bukan salahmu. Ini salahnya masa lalu. Jadi sabarko (jadi kamu sabarlah). Buat teman-temanku semuanya yang belum menikah. Kalau tidak cukup uang panaik-ta (mahar-Anda), jangan ki silariang (janganlah kawin lari)." pungkasnya. (AMBAE)

salam #AMBAE




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline