Lihat ke Halaman Asli

Renungan Malam Jum'at, Obor Terangi TMP Sasayya Bantaeng

Diperbarui: 10 November 2017   02:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dandim 1410 Bantaeng jadi Irup pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci memperingati Hari Pahlawan tahun 2017 (10/11).


Rangkaian Hari Pahlawan tahun 2017 mulai bergulir sejak Jum'at dini hari, (10/11). Diawali dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sasayya Bantaeng di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bonto Sunggu, Kecamatan Bissappu. Renungan di malam Jum'at itu ditandai dengan pelaksanaan Upacara. Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Dandim 1410 Bantaeng (Letkol Kav. Nanang Siswoko, ST).

Upacara dimulai tepat pukul 00:00 Wita. "Kami hadir hari ini, Jum'at tanggal 10 November 2017 pukul 00:00 Wita pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan." tutur Nanang Siswoko membacakan Renungan Suci.

Bersemayam di TMP Sasayya sekitar 60 jenazah di antaranya TNI sebanyak 38 orang, 3 orang Pegawai Negeri Sipil, 3 orang Pejuang Rakyat dan 16 orang lainnya Pahlawan Tak Dikenal. Area TMP yang cukup luas terasa hening dan terlihat lebih gelap saat lampu penerangan dimatikan. Hanya diterangi obor dari 2 orang Anggota Kodim dan Polres serta Anggota Pramuka yang berderet di sekitar jalan masuk. Suasana ini menambah khidmat pelaksanaan upacara yang berlangsung sekitar 12 menit.

Lebih lanjut Dandim yang belum lama bertugas di daerah ini menyatakan sumpah dan janji. "Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga." tegasnya dan diakhiri dengan do'a bagi arwah pahlawan kusuma bangsa.

Malam Renungan Suci dihadiri pula Wakil Bupati Bantaeng (H. Muhammad Yasin), Kapolres Bantaeng (Adip Rojikan), Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng (Johan Iswahyudi) dan beberapa Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng serta diikuti pasukan dari Kodim, Polres, Polisi Pamong Praja, Tagana, Pramuka, ASN dan warga sekitar. (AMBAE)

salam #AMBAE




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline