Lihat ke Halaman Asli

Amara Tecia

Mahasiswa

Mengenal Warisan Budaya Anyaman dan Tenun dari Jawa Barat

Diperbarui: 14 November 2023   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan negara yang mempunyai keanekaragaman budaya, berbagai macam tradisi dan budaya di dalamnya, membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya dan nilai sejarahnya. Warisan budaya yang kaya dari Jawa Barat, Indonesia, terdiri dari kerajinan anyaman dan tenun. Kerajinan ini memiliki nilai seni dan sejarah yang mendalam dan mencerminkan keahlian tradisional masyarakat Jawa Barat.

Anyaman dan tenun mengandung nilai seni budaya dan juga nilai sejarah yang besar. Anyaman dan tenun masuk ke dalam seni kerajinan, Seni kerajinan merupakan suatu usaha membuat benda-benda hasil pekerjaan tangan atau dapat pula berarti pekerjaan tangan. Anyaman dan tenun merupakan warisan budaya yang sudah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Jawa Barat selama berabad-abad. Identitas budaya yang kuat dibentuk oleh warisan budaya yang sering ditransfer dari generasi ke generasi. Berbagai teknik anyaman tradisional di Jawa Barat termasuk tenun ikat, anyaman bambu, anyaman pandan, dan banyak lagi. Pengrajin seringkali menggunakan tangan mereka sebagai alat utama dalam proses anyaman, menunjukkan keahlian dan ketelatenan yang tinggi.

Mengutip dari informasi yang ditulis di Museum Sri Baduga Bandung, Jawa Barat, "kerajinan anyaman di daerah-daerah Jawa Barat seperti Ciamis, Garut, Majalengka, dan Rajapolah Tasikmalaya merupakan kerajinan sebagai mata pencaharian masyarakat. Kegiatan ini merupakan peninggalan nenek moyang yang masih dilakukan sampai sekarang. Perkembangan sejarah anyaman tidak jauh berbeda dengan perkembangan seni tembikar. Jenis seni anyaman pada masa Neolitik kebanyakan adalah menghasilkan tali, alat rumah tangga dan keperluan kehidupan sehari-hari. Motif anyaman pada umumnya digunakan dalam barang sehari-hari seperti aseupan (pengukus nasi), boboko (tempat nasi), besek (kemasan hantaran), hihid (kipas), samak (tikar), keranjang, anyaman jenis ini merupakan anyaman halus dan motifnya terlihat unik dan menarik. 

Beberapa bahan anyaman memiliki filosofi yang kuat seperti bambu adalah salah satu bahan anyaman yang sangat kental dengan makna, kemudian pandan memiliki nilai filosofi dalam kehidupan masyarakat Sunda. Pandan memiliki karakteristik yang mudah dibentuk, halus, dan lentur. Pandan mempunyai nilai filosofi yang cukup tinggi, misalnya tikar pandan atau samak. Pada zaman dahulu masyarakat Sunda mempunyai kebiasaan bahwa samak merupakan keluarga, hal ini dapat dilihat dari keseharian masyarakat Sunda dahulu, mereka lahir diatas tikar, saat ada waktu berkumpul mereka ada diatas tikar dan ketika meninggal ditutup oleh tikar pula."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline