Frendi Fajar Rohmansyah, mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta, mengadakan pembelajaran kosakata bahasa Inggris sederhana untuk siswa kelas B di TK Perintis pada 12 dan 26 November 2024.
Pada tanggal 12 dan 26 November 2024, Frendi Fajar, mahasiswa KKN UNY 2024, melaksanakan kegiatan pengenalan kosakata bahasa Inggris sederhana kepada siswa kelas B di TK Perintis, Dusun Demen, Pakembinangun. Pembelajaran dilakukan di dua kelas berbeda, yaitu B2 dan B3, dengan metode yang diterapkan adalah PPP (Presentation, Practice, Production).
Kegiatan dimulai dengan pengenalan lagu anak-anak dalam bahasa Inggris yang dinyanyikan bersama siswa, diikuti dengan latihan pelafalan kosakata. Siswa diajak untuk mempraktikkan kosakata yang telah dipelajari secara berkelompok di depan kelas. Antusiasme siswa terlihat jelas saat mereka berlatih dan berinteraksi dalam kegiatan tersebut.
Setelah sesi praktik, siswa diberikan lembar kerja (worksheet) untuk mewarnai gambar dan memberi keterangan pada gambar menggunakan bahasa Inggris. Program ini bertujuan untuk memperkaya kosakata siswa, meningkatkan daya ingat, serta merangsang perkembangan otak mereka.
"Pengenalan kosakata bahasa Inggris ini sangat bermanfaat untuk membantu anak-anak dalam memahami bahasa asing sejak dini, khususnya bahasa Inggris," ungkap Frendi. Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya belajar kosakata baru tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kreativitas mereka.
Melalui pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang interaktif dan menyenangkan di TK Perintis, mahasiswa KKN UNY berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan bahasa anak-anak. Kegiatan ini menjadi langkah awal yang penting dalam mengenalkan bahasa Inggris kepada generasi muda agar mereka lebih siap menghadapi tantangan global di masa depan.
Ditulis oleh Frendi Fajar Rohmansyah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H