Lihat ke Halaman Asli

Amanda ShafarissaKusnanto

Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur

SMAN 1 Trawas Menjadi Tuan Rumah dalam Kegiatan Sosialisasi Edukatif Tipografi

Diperbarui: 12 Desember 2023   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Univeristas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur yang mengikuti Program PKKM Bina Desa melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Trawas, salah satu kegiatannya yaitu sosialisasi edukatif mengenai Tipografi di SMA Negeri 1 Trawas.

Pada tanggal 22 dan 24 Agustus 2023. Dalam usaha untuk meningkatkan pemahaman mitra terkait konsep tipografi, pembuatan huruf, dan penggunaan aplikasi seperti AI atau PS, para mahasiswa DKV program Bina Desa melakukan sosialisasi edukatif mengenai tipografi. Dari menjelaskan materi, hingga memberikan praktik kepada para guru dan siswa.

Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini melibatkan seluruh guru pengajar, Kepala Sekolah, dan beberapa siswa SMA Negeri 1 Trawas. Mereka menghadapi tantangan utama berupa kurangnya pengetahuan mengenai konsep tipografi. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tipografi, terutama dalam pembuatan typeface.

Pemateri merupakan salah satu mahasiswa dari program Bina Desa, berhasil menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami. Minat yang tinggi terlihat dari para siswa dan guru selama kegiatan berlangsung. Meskipun sebagian dari mereka memiliki keterampilan terbatas, antusiasme tinggi terlihat dari awal hingga praktik bersama.

Setelah penyampaian materi, peserta sosialisasi diberikan panduan praktik terkait penggunaan aplikasi seperti AI, PS, dan Canva. Mereka juga diberikan petunjuk langkah-langkah mengunggah font ke web Calligraphr untuk mendukung proses pembelajaran. Para siswa dan guru sebagian dapat langsung menerapkan pengetahuan yang diperoleh, ada juga sebagian guru yang masih memerlukan bimbingan individu dalam setiap tahap pembuatan huruf hingga pengunggahan ke web Calligraphr.

dokpri

Harapannya, kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mitra terkait tipografi. Dan dapat memberikan manfaat yang lebih luas dalam konteks pembelajaran di SMA Negeri 1 Trawas.

https://www.upnjatim.ac.id/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline