Lihat ke Halaman Asli

amanda putri

mahasiswi

Aktifitas Tak Biasa Gunung Berapi Mauna Loa

Diperbarui: 17 Oktober 2022   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gunung berapi Mauna Loa, yang meliputi setengah dari Hawaii dan merupakan gunung berapi aktif terbesar di Bumi. FOTO/ IST

Gempa bumi berukuran 5.0 skala Richter melanda gunung berapi aktif terbesar dunia yang dikhuatiri boleh mencetus 'kiamat kecil' sekiranya meletus, sekali gus menyebabkan kemusnahan mega.

Gunung berapi Mauna Loa, yang meliputi setengah dari Hawaii dan merupakan gunung berapi aktif terbesar di Bumi, telah mengalami serangkaian getaran dengan gempa berkekuatan 4,6 yang tercatat hanya beberapa detik sebelum gempa yang lebih besar menyusul.

Aktivitas gempa di daerah disana telah meningkat dari lima menjadi 10 gempa bumi sehari sejak Juni 2022 menjadi 40 hingga 50 gempa bumi sehari selama dua minggu terakhir, menurut Survei Geologi AS. 

Frekuensi tertingginya adalah lebih dari 100 gempa per hari yang tercatat pada 23 dan 29 September lalu. Peningkatan aktivitas seismik juga menyebabkan pengelola Hawaii Volcanoes National Park menutup bagian dalam puncak Mauna Loa hingga pemberitahuan lebih lanjut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline