Lihat ke Halaman Asli

Amanda Nasution

Freelancer bloger

Mengenal Parkinson, Menyintai Penyandangnya

Diperbarui: 11 November 2019   04:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok:approby.com

Assalamu'alaikum, Readers.

Aku mo berbagi sedikit infomasi tentang sebuah penyakit yang menyerang mereka, yang berusia diatas 60 tahun. Dan yang diserang adalah susunan syaraf. Namanya Parkinson. Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali,  di vonis menderita penyakit degenaratif syaraf ini, katanya karena banyaknya pukulan didaerah kepala pada saat masih aktif menjadi petinju profesional.

Ada kenyataan tentang penyakit Parkinson ini, dari pencetusnya hingga bagaimana kondisi penyandangnya. Serta bagaimana kita yang harus mendampingi mereka. 

Aku coba share secara ringan ya. 

Aku mulai dari sejarah singkatnya deh. Biar lebih kenal.

S E J A R A H

James Parkinson. Dok by wikipedia

Nama Parkinson diambil dari nama seorang dokter yang menemukan penyakit ini pada tahun 1817, James Parkinson. James Parkinson, seorang Doktor Syaraf dari Inggris, yang menuliskan pada esaynya yang diberi judul Shaking Palsy. Dari studi melalui pengamatan selama beberapa dekade menjalankan praktek dokternya di Hoxton, James menjelaskan pada esay-nya tersebut apa Shaking Palsy, dan bagaimana penderitanya amat sangat tidak bahagia. Dan James pun menjelaskan bagaimana penyakit ini ditandai dengan gerakan tanpa terkedali, atau lebih dikenal saat ini dengan sebutan tremor. Dan penderitanya tidak bisa mencegah serangan Shaking Palsy yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Parkinson, sesuai nama belakang penemunya. ( Data : https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_Parkinson)

P E N Y E B A B

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline