Lihat ke Halaman Asli

Amanda Aurora

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kampanye Kreatif Rumah Makan Padang Payakumbuah ala Arief Muhammad

Diperbarui: 17 Juli 2022   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: instagram @padangpaakumbuah

Rumah makan Padang Payakumbuah adalah  Restoran makanan khas Padang milik Arief  Muhammad yang baru saja melakukan soft opening pada 14 Juli 2022. Kampanye yang dilakukan untuk memperkenalkan brand makanan ini terbilang sangatlah unik karena menggunakan cara yang tak terduga.

Kampanye yang dilakukan menggunakan pendekatan Spokespersperson, karena menggunakan endorser, yaitu Arief Muhammad, selaku influencer sekaligus pemilik dari Rumah Makan Padang Payakumbuah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan brand tersebut.

Sumber: Instagram @ariefmuhammad

Kampanye ini dimulai saat Arief Muhammad dinobatkan sebagai Duta Nasi Padang oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Jonialdy, pada 20 Mei 2022. Dikutip melalui caption instagram @ariefmuhammad, “Perhari ini, saya resmi diangkat menjadi DUTA NASI PADANG. Bangga sekaligus beban, karna di akhir acara, Abang @joinaldy memberi challenge untuk terus mempromosikan Sumatera Barat ke depannya.”

Sumber: Instagram @ariefmuhammad

Dikutip dari postingan lain pada instagram @ariefmuhammad, ”Dengan postingan ini, saya resmi menjawab tantangan Wagub Sumatera Barat, Uda @joinaldy, untuk berkontribusi nyata mengharumkan dan memperkenalkan Sumatera Barat lebih luas lagi, dengan membuka rumah makan padang: @padangpayakumbuah.”

Setelah itu, Arief Muhammad juga beberapa kali menunjukan progres menuju pembukaan Rumah Makan Padang melalui postingan di instagramnya. Hal yang membuat kampanye ini tidak terasa seperti kampanye adalah karena kebiasaan Arief Muhammad  yang bahkan sebelum diangkat menjadi Duta Nasi Padang, Ia sering  berdebat dengan para pengikut di Instagramnya terkait makan nasi padang pakai tangan vs pakai sendok.

Puncak dari kampanye ini adalah saat Arief Muhammad menggunakan Balon Udara untuk mempromosikan Rumah Makan Padang Payakumbuah. Balon Udara bersertifikat pertama di Indonesia tersebut dapat ditemukan di Festival Indonesia Terbang yang berada di MaxxBox Karawaci, Tangerang.

Sumber: Instagram @jktgo

Festival Indonesia terbang tersebut dapat dikunjungi secara gratis oleh seluruh masyarakat, sedangkan jika ingin merasakan sensasi menaiki balon udara, harus mengeluarkan dana sebesar Rp 530.000 per orang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline