Lihat ke Halaman Asli

Amanda Ardita

Pelajar/Mahasiswa

Perkembangan Industri Transportasi di Era Inovasi Digital

Diperbarui: 13 Januari 2023   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan industri transportasi di Indonesia semakin pesat, Dengan berkembangnya industry transportasi berdampak pula meningkatnya jumlah kendaraan yang ada. Untuk mendukung mobilitas masyarakat yang tinggi diperlukan moda transportasi yang efisien untuk menghindari atau mengurangi kemacetan. Karena tidak ada "terobosan" yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, antrian panjang dan kemacetan di setiap koridor dan pusat kota dan akibatnya, pemborosan energi bahan bakar dan polusi udara yang sangat besar masih menjadi menu sehari-hari. Dengan kondisi ini, maka munculah transportasi online guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Transportasi online adalah salah satu contoh perkembangan teknologi berbasis software yang diterima cukup positif pada tahap awal karena dianggap sebagai salah satu inovasi terbaik saat ini. Transportasi online memberikan kemudahan, kenyamana dan hemat biaya bagi penggunanya, sehingga tidak heran jika banyak orang yang beralih dari moda transportasi tradisional ke transportasi online. Seiring berjalannya waktu, keberadaan transportasi online menimbulkan kecemburuan sosial terhadap moda transportasi konvensional yang ada seperti ojek, taksi, bus, dll.

Dengan munculnya berbagai teknologi baru, banyak perusahaan dan pebisnis yang melakukan inovasi untuk menciptakan model bisnis yang menarik dengan layanan yang tidak kalah mengagumkan. Salah satu perkembangan teknologi saat ini adalah layanan ojek online. Meski transportasi sudah ada sejak lama, namun menjadi fenomenal ketika dipadukan dengan teknologi dan bertransformasi menjadi transportasi berbasis online.

Transportasi online menawarkan fleksibilitas yang tak tertandingi oleh tenaga kerja di industri lain, karyawan dapat memilih jam kerja mereka sendiri, seperti yang dapat dilakukan oleh banyak orang yang mencari uang tambahan. Profesi pengemudi sepeda motor online dibagi menjadi 2 kategori yaitu pengemudi yang melakukan itu pekerjaan tetap dan pengemudi melakukannya sebagai pekerjaan sampingan.

Seorang informan pengiriman online sebagai kekuatan pekerjaan paruh waktu yang perlu diisi kebutuhan hidup sehari-hari bertambah Penghasilan dari kegiatan utama mereka dan menutupi biaya pelatihan para informan yang masih kuliah. Adapun yang menjadikan pekerjaan inin sebagtai pekerjaaan utama, contohnya kepala rumah tangga yang menjadi driver online guna menunjang kehidupan sehari-hari.

Diketahui bahwa sebagaian pengemudi memilih menjadi driver online untuk beberapa alasan ada yang menunggu pekerjaan ini karena jam kerja tidak tetap, tidak terbatas,mereka dapat bekerja secara bebas dari tanggungan pekerjaan utamanya dan mendapat pendapatan tambahan. 

Situasi kerja sebagai driver online ini dianggap sebagai salah satu pekerjaan menjanjikan untuk pekerjaan paruh waktu, itu menunjukkan karena pekerjaan ini tidak mengganggu pekerjaan utama. Berdasarkan informasi yang diterima Penghasilan harian dari informan mempengaruhi insentif yang diterima, semakin banyak pesanan yang dimiliki pengemudi menerima, semakin tinggi pendapatan diterima dengan insentif. Setiap pengemudi memiliki bonus tujuan setiap orang memesan jasa ini, pengemudi dapat mencapai target tiap harinya karena bonus yang didapat biasanya.

Nama: Amanda Ardita Amelia

NIM   : 31602200026

Dosen pengampu : Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd

Guna memenuhi tugas UAS bahasa indonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline