Lihat ke Halaman Asli

Amanda ZafiraWijaya

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Periklanan Kreatif Dalam Media Alternatif

Diperbarui: 2 Juli 2023   10:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Amanda Zafira Wijaya

Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

ABSTRAK

Promosi adalah unsur yang penting dalam suatu perusahaan yang dapat memberikan informasi dan menarik minat konsumen untuk mengenal produk yang ditawarkan secara langsung. Seiring perkembangan teknologi, media promosi semakin bertambah salah satunya melalui media alternatif internet. Mengiklankan produk pada era digital seperti ini jauh lebih mudah dan lebih murah, seiring dengan perkembangan zaman dimana masyarakat menggunakan media sosial sebagai sumber informasi karena sifatnya yang mudah dan cepat. Dengan menggunakan media sosial dapat tercipta sebuah iklan yang menarik, seperti memunculkan beberapa ide unik atau kreatif agar iklan tersebut tidak terkesan datar atau bahkan meniru iklan produk lain.Hal ini yang mendasari banyak pemilik usaha memasarkan produknya lewat media sosial.Maka untuk mengupayakan pesan penawaran produk/jasanya, para perusahaan berupaya untuk memanfaatkan platform yang satu ini dengan sangat intens. Dengan menggunakan berbagai platform social media periklanan mengalami perkembangan. Mulai dari potensi yang ada dalam fitur-fitur dalam platform itu sendiri ditambah dengan aktifitas yang dilakukan oleh pemilik produk/jasa di akun sosial medianya mengindikasikan bahwa periklanan kini tampil berbeda.

Kata kunci: Iklan Kreatif, Media sosial, Promosi

ABSTRACT

Promotion is an important element in a company that can provide information and attract consumers to recognize the products offered directly. Along with technological developments, promotional media are increasing, one of which is through alternative internet media. Advertising products in a digital era like this is much easier and cheaper, along with the times where people use social media as a source of information because it is easy and fast. By using social media, an interesting advertisement can be created, such as coming up with some unique or creative ideas so that the advertisement does not seem flat or even imitate other product advertisements. This is what underlies many business owners to market their products through social media. So to pursue the message of offering products / services, companies are trying to utilize this one platform very intensely. By using various social media platforms, advertising has developed. Starting from the potential that exists in the features of the platform itself coupled with the activities carried out by product / service owners on their social media accounts indicate that advertising is now different.

Keywords: Creative Advertising, Promotion, Social Media

PENDAHULUAN 

Promosi adalah unsur yang penting dalam suatu perusahaan yang dapat memberikan informasi dan menarik minat konsumen untuk mengenal produk yang ditawarkan secara langsung. Sebagai salah satu komponen bauran pemasaran, promosi  memegang peranan penting dalam strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan.  Promosi adalah suatu bentuk kesatuan khusus kegiatan promosi penjualan, yang dapat menghubungan masyarakat dan periklanan yang digunakan oleh perusahaan dalam kegiatan pemasarannya untuk mencapai tujuan pemasaran dan iklan dari suatu produk. (Almayanti dkk, 2020)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline