Lihat ke Halaman Asli

Amanda putri

Mahasiswi

Biografi Filsuf Barat Socrates

Diperbarui: 20 Desember 2022   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebenarnya tidak ditemukan saksi  atau seseorang pun yang memiliki kemampuan untuk mengakses data mengenai nenek moyang, dari salah satu disiplin ilmu paling berbahaya sepanjang masa, ilmu yang dapat menggulingkan sebuah rezim menyusun ulang tatanan pemerintah dan mengubah hedonisse sejati menjadi seorang buddha,

Filosofi  yang dapat kita temukan dalam sejarah adalah seorang pria bundar paruh baya bernama  SOCRATES yang mana disebut-sebut sebagai bapak filosofi oleh seluruh dunia. Atau mungkin lebih tepatnya untuk pemikir barat, dialah yang dianggap sebagai orang pertama yang melakukan praktek diskusi moral dan seni mempertanyakan JERONIMOUS TALKS PHILOSOPHY,  maka aksi perlente macam apa yang bung Socrates lakukan. Sehingga ia menemukan salah satu penemuan paling penting dalam sejarah umat manusia dan menjadi terkenal.

Kejeniusan jenis apakah yang bertengger di kepalanya?

Bagaimanakah rupa sang legenda?

Tentu saja terlepas dari campur tangan alam semesta, Socrates menenarkan namanya di sepenjuru kota Athena lewat cara yang paling populer hingga saat ini; yakni dengan memamerkan sikap menyebalkan. Socrates memiliki pribadi yang distiglif dia tidak begitu terikat dengan kepribadian biologisnya.

 Dia imun terhadap rasa lapar, rasa haus, udara dingin dan dia tidak merasa perlu meminum alkohol seperti kebanyakan orang pada zamannya dia memiliki baju yang sama terkadang sampai satu musim.dia sering ditemukan menari-nari sendirian di rumahnya dan bermeditasi di tengah jalan sambil berdiri dan tidak ada satu hal pun yang dapat menghilangkan konsentrasinya ketika ia tengah bermeditasi pria nyentrik ini memiliki satu misi dalam hidupnya. Yaitu mengiring keluar kebenaran yang terpendam dalam diri setiap orang, dia percaya bahwa kejahatan lahir dari ketidaktahuanketidaktahuan dan bahwa jika dia membantu lawan bicaranya memperoleh pengetahuan yang diperlukan, dia akan mengerti bahwa menjadi jahat tidak menguntungkan diri sendiri.

Riwayat hidup Socrates. 

Socrates lahir sekitar tahun 479 SM. Dan tidaklah dilahirkan dari keluarga yang bercukupan, tidak pula mendapat pendidikan elit dari seorang bangsawan. Ayahnya adalah seorang pemahat dan ibunya adalah seorang bidan pendidikan yang ia enyam adalah secukupnya. Dan sebagaimana wajarnya ia mewarisi perkerjaan ayahnya dan dikabarkan merupakan Seniman yang lumayan kemudian tentu,  sebagaimana masa-masa hebat yang mencipta pemikir-pemikir besar negeri-negeri mengadakan peperangan. Socrates ikut serta di dalamnya sebagai representasi dari Yunani dan menjadi tentara yang gagah berani dan berprestasi. 

Di usia 50-an dia menikah dengan xanthipple, melanjutkan hidupnya yang melarat di tengah-tengah runtuhnya keemasan Athena. Yang menyebabkan kemerosotan moral di banyak kalangan, suatu ketika temanya chaerephon. Bertanya kepada seseorang peramal apakah ada orang yang lebih bijak dari pada Socrates dan peramal itu berkata itu tidak ada ramalan ini membuat Socrates terkaget-kaget dan bingung hal ini tidak mungkin benar, dia tidak merasa dirinya bijaksana ia berpikir dan berpikir lagi dan ia kemudian berpikir bahwa si peramal pasti keliru yang ia maksudkan mungkin adalah Socrates lain dia pun mencoba untuk membuktikan kesalahan ini dan mencari Socrates yang dimaksud dengan bertanya pada orang-orang di kota soal kualitas kebijaksanaan mereka,dan disinilah saga epiknya di mulai makan berkeliaranlah seseorang pria pendek bergaya pengemis dengan sepasang mata mengerikan dan bebauan yang tidak begitu mengembirakan di kota mendatangi setiap orang terkemuka,yang  kearifan sudah masyur dan mencecar mereka dengan berbagai pertanyaan di publik. 

Socrates menemukan bahwa orang-orang ini  memang tidak lebih bijaksana darinya, karena ketika dia menyadari dan mengakui bahwa dirinya tidak mengetahui apa-apa mereka tidak demikian, mereka berpendapat bahwa mereka bijak dan berpengetahuan, hasilnya banyak negarawan,penyair, dan Seniman besar. Yang dipermalukan di depan umum dan hal ini membuat mereka marah mereka menyebutnya sebagai "penganggu gila"

Namun anak-anak muda tertarik dengan pendekatannya yang berani itu. Mereka kemudian menemukan pemikiran-pemikirannya soal demokrasi dan moral menarik mereka pun mengikutinya kemana-mana dan menjadi muridnya begitulah ia melihat hal ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki moral bangsa metode yang ia pakek untuk mengajar di sebut padagogi dimana murid-murinya mendapatkan pengetahuan/jawaban atas usaha mereka sendiri lewat serangkaian pertanyaan. Salah satu murid terkenalnya yang juga berperan dalam menyebarkan namanya sehingga dikenal di penjuru dunia adalah plato;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline