Lihat ke Halaman Asli

Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Diperbarui: 8 Januari 2024   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh lembaga pendidikan, oleh sebab itu pengembangan potensi-potensi siswa harus dilakukan secara menyeluruh dan terpadu. Guru mempunyai peran penting terutama dalam upaya membentuk watak peserta didik melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai kemanusiaan yang berhasil menjawab tuntutan masyarakat, bangsa dan negara khususnya masyarakat Papua.

Dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa penyelenggaraan pendidikan di Indonesia merupakan suatu sistem pendidikan nasional yang di atur secara sistematis. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak sera peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warna negara yang demokrasi dan bertanggung jawab.

Oleh sebab itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam melaksanakan tugas dan peran guru meningkatkan belajar siswa di setiap akhir pembelajaran berlangsung. Hal ini yang menjadi tolak ukur bagi pemerintah pusat, daerah kota dan kabupaten di seluruh Indonesia khususnya di provinsi Papua guna melihat generasi-generasi Papua emas. Terhadap penjelasan singkat di atas maka guru harus memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah, serta guru harus kreatif dalam mengelola pembelajaran di kelas agar siswa mampu menyerap materi yang disampaikan oleh guru.

Guru sangat penting di dalam dunia pendidikan. Salah satu peran penting guru adalah sebagai motivasi untuk siswanya. Untuk meningkatkan motivasi siswa guru harus menyediakan model pembelajaran yang menarik seperti ice breaking sebelum memulai pembelajaran atau sesudah jam istirahat, membaca materi sambil bernyanyi.

Peran seorang guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Guru dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran kreatif, memilih metode pengajaran yang menarik, dan memberikan umpan balik positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Selain itu, memadukan materi ajar dengan konteks kehidupan sehari-hari dapat membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi siswa. Melibatkan siswa dalam diskusi dan aktivitas interaktif juga dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi mereka untuk belajar bahasa Indonesia.

Guru memiliki peran kunci dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Mereka dapat menciptakan lingkungan yang mendukung, memotivasi siswa melalui metode pengajaran yang kreatif, memberikan umpan balik positif, dan menghubungkan materi dengan pengalaman sehari-hari siswa untuk membuat pembelajaran lebih menarik.

Guru dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan:

  • Metode pengajaran kreatif: menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa.
  • Relevansi materi: mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa agar mereka melihat nilai dan kegunaan dalam memahami bahasa Indonesia.
  • Umpan balik positif: memberikan pujian dan pengakuan terhadap prestasi siswa, memberikan dorongan positif untuk meningkatkan kepercayaan diri dan semangat belajar.
  • Dukungan personal: memahami kebutuhan dan minat individu siswa, serta memberikan dukungan personal untuk membantu mereka mengatasi kesulitan dan mempertahankan semangat belajar.
  • Variasi aktivitas pembelajaran: menyediakan variasi aktivitas yang melibatkan siswa secara aktif, seperti permainan, atau proyek kreatif, untuk menjaga ketertarikan mereka.
  • Pemanfaatan teknologi: mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang modern dan menarik.

Dengan peran ini, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan merangsang minat siswa terhadap bahasa Indonesia.

           Daftar Pustaka

Atmaka Dri. (2004). Pengantar Pendidikan. Salatiga: Widyasari Press.

Dely Tresia Putri, Deni Setiawan. (2003). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline