Lihat ke Halaman Asli

Amanda NiaA

Mahasiswa

Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Keuntungan UMKM

Diperbarui: 11 Oktober 2024   02:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Pembuatan Konten (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Perkembangan media sosial di era yang serba digital ini menjadi semakin nyata, sebab banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Perkembangan inilah yang membawa banyak perubahan, salah satunya terjadi dalam aktivitas jual beli suatu produk. 

Akhir-akhir ini membangun bisnis UMKM semakin banyak diminati, terlebih pengaruh pemasaran dalam media sosial yang mudah untuk dijangkau. 

Melihat bahwa jumlah pengguna media sosial yang kian meningkat, tentu ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan keuntungan bagi para pelaku UMKM. 

Sekarang, para pelaku UMKM bersaing untuk mempromosikan produk mereka di dalam media sosial, tentu saja hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan konsumen dan membuat konsumen semakin mengenal produk mereka. 

Selain itu, dengan adanya  media sosial, para pelaku UMKM merasa  terbantu karena promosi yang mereka lakukan sangat mudah diakses oleh semua pengguna media sosial.

Peran media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM tentu saja dapat membangun koneksi dan kedekatan dengan pelanggan, hal ini dapat dilihat ketika penjual dan pembeli saling menanggapi komentar di sebuah konten promosi. 

Selain itu, media sosial dapat membantu pelaku UMKM agar produk mereka semakin banyak dikenal, mulai dari konsumen tertarik dengan konten lalu mengunjungi profil media sosial hingga konsumen membeli produk mereka.

 Selanjutnya pelaku UMKM dapat dengan mudah menganalisis trend pasar dan kecenderungan minat yang diinginkan oleh konsumen. 

Adanya pemasaran produk melalui media sosial juga memberikan tingkat efektivitas dan efisiensi yang baik, karena  promosi produk mudah dijangkau oleh khayalak luas. Dengan demikian peran media sosial dalam memasarkan produk sangat berdampak terhadap peningkatan keuntungan UMKM.

Pemanfaatan media sosial sebagai sarana memasarkan produk juga harus dilakukan secara konsisten, sebab algoritma media sosial akan menyesuaikan dan menampilkan suatu konten yang rutin diunggah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline