Lihat ke Halaman Asli

Amanah Takaful

Organisasi Nirlaba

Desa Tenjohalang Ditarget Jadi Kampung Bebas Renternir Melalui Implementasi Program Amanah Bangun Desa

Diperbarui: 6 Oktober 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: Instagram @amanah_takaful

Tenjolahang, 28 September 2023 - Suatu langkah besar diambil oleh Kelompok 3 Program Amanah Bangun Desa dengan meluncurkan inisiatif program Kampung Bebas Rentenir tepatnya di Kampung Tenjolahang Timur, Desa Tenjolahang, Kecamatan Jiput. Mengambil tema "Implementasi Kelompok Keuangan Mikro Berbasis Perempuan Dalam Mewujudkan Kampung Bebas Renternir," kelompok binaan Amanah Bangun Desa ini menargetkan terbukanya pintu menuju ekonomi masyarakat yang berkelanjutan dan tergeraknya potensi ekonomi di wilayah tersebut.

Peluncuran program yang dimulai pagi hari ini selain dihadiri oleh masyarakat, juga didukung oleh stakeholder pemerintah seperti Pemerintah Desa Tenjolahang, Dinas Koperasi Pandeglang dan Tokoh Masyarakat serta para dosen pembimbing lapangan yang terus mendampingi para enabler Beasiswa Amanah Bangun Desa dalam implementasi program yang menjadi point penting terselenggaranya program tersebut.

Dalam sesi sambutan dukungan mengalir dari Kepala Desa Abdul Muiz, S. I. P yang megapresiasi atas program yang dijalankan "Kami mengucapkan terima kasih kepada Enabler Program Amanah Bangun Desa Kelompok 3 atas inisiatif luar biasa untuk membantu dan memajukan masyarakat Desa Tenjolahang dalam hal ekonomi yang memang sangat membutuhkan dukungan dan tentunya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat" Ungkap Muiz.

Tak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Dinas Koperasi Pandeglang yang diwakili oleh Bapak Hendar Kiswanto, S. Hum, yang merupakan Pegawai Pembina Keuangan Lokal (PPKL). Dalam sesinya beliau memberikan sosialisasi dan pemahaman mendalam tentang peran penting koperasi dalam meningkatkan ekonomi desa, dengan penekanan khusus pada peran koperasi perempuan.

Para ibu yang berpartisipasi dalam acara ini tidak hanya mendengarkan, tetapi juga terlihat begitu antusias. Mereka menyampaikan harapan dan optimisme bahwa koperasi yang akan datang akan membuka peluang baru dalam mengembangkan usaha mikro dan mendukung stabilitas keuangan keluarga mereka.

Program Amanah Bangun Desa Kelompok 3 telah memulai langkah yang benar untuk mewujudkan visi "Kampung Bebas Renternir" dengan menggalang kolaborasi dengan berbagai pihak yang strategis. "Kami ingin melihat Desa Tenjolahang menjadi tempat di mana setiap orang memiliki kesempatan untuk tumbuh dan sukses, tanpa terkecuali. Ini adalah awal yang baik, dan kami berharap bisa memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan bagi masyarakat kami." Ungkap Aliyah, Ketua Kelompok.

Dengan inisiatif seperti ini, diharapkan bahwa perekonomian desa akan mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan, sambil memperkuat persatuan dan semangat gotong royong di masyarkat. Semoga Desa Tenjolahang menjadi contoh yang menginspirasi bagi desa-desa lain dalam menggapai kesejahteraan dan kemandirian ekonomi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline