Lihat ke Halaman Asli

Amaliyah hanifa

Mahasiswa antropologi universitas Airlangga angkatan 2020

PEMERATAAN DISTRIBUSI BUKU SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI TINGKAT LITERASI DI INDONESIA

Diperbarui: 7 Juni 2023   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Abstrak

Tingkan literasi pada suatu negara akan mempengaruhi tingkat kemajuan bangsanya. Namun, negara Indonesia masih jauh dari standart literasi yang dibuat oleh UNESCO. Dengan buruknya tingkat literasi masyarakat Indonesia tentu saja membuat negara sukar untuk memajukan diri. Namun, rendahnya tingkat literasi yang dimiliki oleh negara ini tidak hanya dikarenakan rasa malas masyrakat. Sebenarnya terdapat beberapa faktor lain, salah satunya adalah distribusi buku yang tidak merata di Indonesia. Dengan melakukan literatur review menggunakan media jurnal, buku, maupun sumber bacaan lain, tulisan ini mendapatkan kesimpulan berupa suatu upaya memeratakan distribusi buku di Indonesia. Diperlukan perbaikan infrastruktur jalan dan sarana transportasi untuk mempermudah, mengurangi biaya, serta waktu yang dibutuhkan dalam mendistribusikan buku. Selain itu, pemerataan jumlah penerbit di seluruh wilayah Indonesia juga diperlukan agar seluruh masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang seimbang dalam mengakses buku. 

Kata Kunci : Literasi, Penerbit Buku, Distribusi Buku

Abstract

The level of literacy in a country will affect the level of progress of the nation. However, the Indonesian state is still far from the literacy standards set by UNESCO. With the poor literacy level of the Indonesian people, of course it makes it difficult for the country to advance itself. However, the low level of literacy in this country is not only due to people's laziness. Actually there are several other factors, one of which is the uneven distribution of books in Indonesia. By conducting a literature review using journals, books, and other reading sources, this paper draws conclusions in the form of an effort to equalize the distribution of books in Indonesia. It is necessary to improve road infrastructure and transportation facilities to make it easier, reduce costs, and time needed to distribute books. In addition, an equal distribution of the number of publishers throughout Indonesia is also needed so that all people have equal rights and opportunities to access books.

Keyword: Literacy, Book Publishers, Book Distribution

PENDAHULUAN

Literasi merupakan salah satu faktor yang dapat membantu manusia terbebas dari rantai kebodohan dan kemiskinan. Tingkan literasi pada suatu negara akan mempengaruhi tingkat kemajuan bangsanya. Terdapat banyak negara maju dengan tingkat literasi maju, bahkan menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya. Namun, sepertinya negara Indonesia masih perlu banyak berbenah dalam budaya literasi. Menurut Kemendikbudristek RI (2023), tingkat literasi 1 daari 2 anak di Indonesia masih dibawah standar, menunjukkan bahwa 50% tingkat literasi anak Indonesia masih rendah. Sedangkan budaya literasi dalam digital memiliki tingkatan yang tidak jauh berbeda, Indonesia tercatat sebagai negara dengan tingkat literasi digital terendah yakni hanya sebesar 62% jika dibandingkan dengan negara ASEAN yang memiliki rata-rata 70% (Anam, 2023).

Dengan buruknya tingkat literasi masyarakat Indonesia tentu saja membuat negara sukar untuk memajukan diri. Banyak yang mengatakan bahwa tingkat literasi yang rendah ini berkaitan dengan rasa malas orang Indonesia dalam membaca. Hal tersebut selanjutnya membuat banyak pihak berusaha memberikan edukasi dan motivasi dalam berbagai kesempatan, mulai dari kegiatan seminar offline hingga konten podcast, semua dilakukan guna menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca dan menjadikan aktivitas membaca sebagai suatu kebiasaan. Namun, rendahnya tingkat literasi yang dimiliki oleh negara ini tidak hanya dikarenakan rasa malas masyrakat. Sebenarnya terdapat beberapa faktor lain, salah satunya adalah distribusi buku yang tidak merata di Indonesia.

Negara dengan bentuk kepulauan menyebabkan Indonesia memiliki kendala dalam distribusi barang-barang, termasuk buku bacaan (Purwanda and Syahril, 2021). Namun, masih sedikit yang memfokuskan permasalahan pada distribusi ini. Oleh karena itu penulisan dilakukan guna memahami sekaligus memberikan informasi kepada para pembaca bahwa pemerataan distribusi buku bacaan dapat menjadi salah satu langkah dalam memperbaiki tingkat literasi masyarakat Indonesia, bukan hanya di Pulau Jawa tetapi juga pulau lain di seluruh Indonesia. Penulis melakukan literatur review dengan menggunakan media jurnal, buku, maupun sumber bacaan lainnya yang nanti akan dilakukan analisis hingga disimpulkan menjadi suatu tulisan.

METODE 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline