Lihat ke Halaman Asli

Peneliti Kualitatif Sebagai Instrumen

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seorang peneliti kualitatif memiliki peran dan fungsi yang berbeda ketika melakukan penelitian. Salah satu perannya ialah peneliti berfungsi sebagai instrument. Fungsi utama seorang peneliti saat melakukan suatu penelitian kualitatif ialah sebagai instrument penelitian yang dilakukannya. Yang dimaksud disini ialah sejak awal penelitian hingga akhir penelitian peneliti berperan aktif dalam penelitian yang dilakukannya dan bukan orang lain.

Hubungan peneliti kualitatif dan penelitian diistilahkan sebagai kesatuan dan keselarasan antara peneliti dengan yang diteliti. Seorang peneliti melebur menjadi satu dengan subjek penelitiannya beserta dengan lingkungan yang menjadi bagian dalam kehidupan subjek. Seorang peneliti kualitatif harus mampu menempatkan diri dan dapat diterima oleh subjek penelitian, jadi yang harus melakukan penelitian ini adalah seorang peneliti itu sendiri tanpa diwakilkan oleh siapapun. Semua rangkaian dilakukannya sendiri, seperti melakukan wawancara terhadap subjek. Bahkan hingga analisis data dan diskusi hasil, Karena peneliti mengetahui betul secara detail data-data yang diperolehnya.

Hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, seorang peneliti harus menawarkan diri sebagai seorang teman atau sahabat bukan menawarkan diri sebagai seorang peneliti yang akan melakukan penelitian. Seorang peneliti harus mengenal subjeknya dengan baik, begitu pula sebaliknya.

Pada langkah awal ialah berkaitan dengan perjuangan seorang peneliti dalam mendapatkan penerimaan dari subjeknya. Ketika peneliti sudah berhasil diterima oleh subjek dan lingkungannya, maka muncul kepercayaan dari subjek dan lingkungannya. Kepercayaan merupakan keberhasilan tertinggi bukan hanya saat di awal saja, namu hingga saat akhir penelitian, bahkan sampai kapanpun hubungan masih berjalan baik.

Semoga Bermanfaat ^^ .....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline