Lihat ke Halaman Asli

Nurul Amalia

Berbagi tanpa mengurangi

Ceritaku Melamar Pekerjaan di PT. Gudang Garam Tbk.

Diperbarui: 17 Juli 2022   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PT. Gudang Garam Tbk. Atau yang biasa dipanggil GG oleh masyarakat Kediri dan sekitarnya adalah perusahaan rokok terbesar di Kediri yang harga sahamnya sudah hampir mencapai 3jt/Lot. Perusahaan idaman mayoritas masyarakat Kediri ini menawarkan pendapatkan yang tinggi diatas UMK Kota/Kab Kediri dengan tambahan insentif lainnya. Tak jarang teman-temanku setelah lulus SMA/SMK langsung berbondong-bondong untuk daftar di GG. Dan yaa seperti teman-temanku, akupun berkeinginan untuk berkarir di GG setelah lulus pendidikan S1.

Tepat tahun ini, aku Lulus kuliah dan langsung melamar di beberapa instansi dan perusahaan termasuk GG. Karena seluruh keluarga, tetangga dan teman-temanku semua bekerja di GG, maka tidak sulit bagiku untuk mencari informasi mengenai proses melamar di GG yang katanya jarang orang tau.

Saat ini aku telah melalui 3 tahap seleksi di GG sebagai staff administrasi, maka aku akan bercerita tentang pengalamanku melamar di perusahaan impianku ini. Dan perlu digarisbawahi ya teman-teman, seluruh hal yang aku ceritakan disini murni berdasarkan pengalamanku yaa.

Dimana tempat untuk mengumpulkan surat lamaranku?

Banyak sekali yang mendapatkan "link palsu" perekrutan GG, jadi aku pribadi menghindari mengumpulkan surat lamaran melalui link yang bersebaran di internet dan media sosial. Aku mengumpulkan surat lamaranku secara online dan langsung. Untuk secara online, seluruh berkasku kukirim ke email yang tercantum pada website resmi GG (www.gudanggaramtbk.com). Alamat email tersebut adalah: recruitment@gudanggaramtbk.com dan Recruitment.HO@sm.co.id.

Selanjutnya aku mengirim lamaranku ke Gedung SDM yang terletak di timur Unit 8 atau baratnya pertigaan lampu merah. Disana lamarannya kuserahkan ke satpam untuk selanjutnya dibawa ke kantor. Selain itu, aku juga menaruh lamaranku di Gedung Kaca GG sebelah kiri Unit 1 atau sebelah kanan RS. DKT. Kita langsung saja masuk ke gerbang kanan dan parkir disebelah kanan. Disitu aku dimintai KTP sebagai jaminan sebelum aku masuk menyerahkan lamaranku.

Fyi: Aku mengirim E-mail tanggal 9 Juni 2022 dan mengirim secara langsung pada tanggal 10 Juni 2022.

Pada tanggal 4 Juli aku mendapat telepon kantor (0354 Kediri) dari pihak GG untuk menanyakan apakah aku masih berminat untuk berkarir di GG dan akupun mengiyakan. Selanjutnya pihak GG menyampaikan undangan interview awal melalui email. Di email tersebut terlampir undangan yang akan bertaut ke kalender HP-ku secara langsung. Sebelum itu, di email aku memencet tombol (YES) untuk kesediaanku hadir interview secara online melalui Skype.

Tanggal 5 Juli 2022 Pagi akupun melaksanakan interview online. Saran: sinyal harus lancar dan jangan bergantung pada Wifi, kemarin akau pakai wifi tapi terputus-putus, jadi aku pindah pakai data T*LKOMSEL dan langsung lancar hehehe

Apa saja pertanyaan diinterview pertamaku?

1: Pertama adalah perkenalan seperti tempat tinggal, lulusan mana, jurusan apa. Selanjutnya dari jawaban kita, akan ditanyakan "alasannya", contoh: mengapa memilih kuliah di UNEJ? Mengapa ambil jurusan EP? Dan mengapa melamar di GG?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline