Sumberagung, Pracimantoro, Wonogiri (21/07/2023) Melihat kondisi yang terjadi di Indonesia yang mana dapat kita lihat dengan masih adanya permasalahan ketidakmerataraan pembangunan di desa terkait pelayanan publik . Hal tersebut masih menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh negara kita, karena mengingat lemahnya kapasitas dan kelembagaan di tingkat desa yang menyebabkan kualitas pelayanan publik di desa belum dapat berjalan secara optimal.
Rendahnya sumber daya manusia yang ada di dalamnya juga menjadi salah satu faktor penghambat majunya pelayanan publik yang ada di desa, karena minimnya tingkat pendidikan menjadikan kurangnya keterampilan dan pengetahuan dari para perangkat desa sehingga menjadikan mereka tidak memiliki pengetahuan yang memadai terkait alur, prosedur, dan standar yang harus ditetapkan dalam pemberian pelayanan publik.
Dengan melihat kondisi tersebut, perlu diakui bahwa pembangunan dan pelayanan publik yang belum merata di desa ini merupakan tantangan serius yang harus diatasi karena masih banyak desa yang menghadapi kesenjangan dalam memperoleh akses terhadap fasilitas dan layanan publik yang berkualitas. Sebagaimana yang kita ketahui, pelayanan publik yang berkualitas ini masih menjadi fokus utama pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam menerima pelayanan sesuai yang diharapkan.
Maka dari itu, Saya Amalia Yasmine Die Safhira sebagai mahasiswa KKN TIM II UNDIP atau sebagai agent of change perlu berperan dan ikut andil dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas salah satunya dengan memberikan edukasi terkait alur pelayanan publik yang baik melalui inovasi standing banner di Balai Desa Sumberagung, Pracimantoro.
Pemberian edukasi ini dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan program monodisiplin yang mana bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan perangkat Desa Sumberagung, Pracimantoro dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Kegiatan tersebut dilakukan karena mengingat masih terbatasnya pengetahuan dari perangkat desa dalam memberikan alur pelayanan publik yang baik, sehingga dalam memberikan pelayanan mereka cenderung tidak disesuaikan dengan tahapan atau prosedur yang telah ditetapkan.
Dalam kegiatan tersebut, saya melakukan kerjasama dengan para perangkat desa Sumberagung. Untuk mendukung keberjalanan program ini, langkah utama yang perlu saya lakukan yakni berkonsultasi dengan kepala desa, sekretaris desa, dan pegawai yang bertugas di pelayanan di Desa dengan mengajukan program kerja yang akan saya lakukan dengan bertanya apakah sebelumnya di Balai Desa sudah terdapat alur.
Langkah selanjutnya, yakni dengan berkonsultasi terkait isi standing banner dengan sekretaris desa dan melakukan wawancara secara online dengan pegawai pelayanan terkait proses pelayanan yang di Balai Desa yang kemudian baru disetujui. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan pemahaman terkait alur pelayanan publik yang baik kepada seluruh perangkat desa dengan output berupa standing banner yang berisikan beberapa point terkait alur pelayanan publik yang baik, meliputi identifikasi kebutuhan, registrasi, verifikasi dokumen, pemeriksaan dan evaluasi, pengolahan permohonan, pemberian layanan, monitoring dan evaluasi, umpan balik dan perbaikan.
Penulis : Amalia Yasmine Die Safhira
Dosen Pembimbing : Muhammad Azhar, S.H. LLM
Lokasi KKN : Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri