Lihat ke Halaman Asli

Amalia Ratna Dewi Sembiring

KKN-DR Kelompok 09 (0701171007)

Pentingnya Tanggung Jawab Diri Sendiri dalam Menghadapi Permasalahan pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 30 April 2021   20:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya Tanggung Jawab Diri Sendiri (cermati.com)

Tugas Individu KKN-DR 09

Tanggung jawab merupakan suatu sifat yang ada dalam diri setiap individu baik itu tanggung jawab untuk dirinya maupun tanggung jawab untuk orang lain ataupun untuk orang disekitarnya. Sikap tanggung jawab adalah kesadaran manusia atas tingkah laku dan perbuatannya sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Tanggung jawab harus berasal dari dalam hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus dilaksanakan. Memiliki sikap tanggung jawab adalah ciri manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Tanggung jawab sangat penting untuk ada dalam diri setiap orang, karena dengan adanya tanggung jawab dapat membuktikan bahwa diri kita mampu untuk menjalankan segala aktivitas baik individu ataupun banyak orang.

Tanggung jawab pada masa pandemi seperti sekarang ini sangat dibutuhkan, mengingat bahwa pada masa pandemi ini setiap individu harus melakukan kegiatan sendiri di rumah tanpa terlalu banyak aktivitas diluar rumah, sehingga situasi seperti ini membutuhkan tanggung jawab yang besar, baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Telah kita ketahui bahwa wabah covid-19 ini sangat meresahkan hampir seluruh dunia terkhusus negara kita yaitu Indonesia. Covid-19 ini merupakan suatu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan karena wabah ini merupakan wabah yang menyerang sistem pernapasan manusia. Dan yang paling di khawatirkan adalah wabah ini ternyata bisa di derita tanpa adanya gejala bagi si penderita.

Namun, satu hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa, dengan adanya wabah ini kita dapat mengukur seberapa besar tanggung jawab seseorang terhadap dirinya. Berikut ini merupakan bentuk tanggung jawab pada masa pandemi diantaranya yaitu :

  • Tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan selalu menjaga kebersihan.
  • Bagi mahasiswa dan siswa perlu adanya tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen ataupun guru dan tanggung jawab untuk selalu belajar dirumah meskipun tidak seperti pembelajaran seperti biasanya.
  • Tanggung jawab untuk menaati segala aturan pemerintah pada masa pandemi covid-19 ini, seperti memakai masker dan menjaga jarak.
  • Untuk pengajar seperti guru dan juga dosen juga bertanggung jawab untuk memberikan pembelajaran kepada siswa dan mahasiswanya yang dilakukan secara online.
  • Untuk para orang tua juga bertanggung jawab terhadap anaknya agar sekiranya juga dapat membantu mengajarkan pelajaran untuk anaknya. Seperti anak TK dan SD, mereka masih butuh peranan yang sangat penting dari orang tua untuk selalu mengawasi dan mengajari agar anak tersebut tetap mendapatkan ilmu pengetahuan.
  • Pada masa pandemi seperti ini kita juga harus memohon perlindungan dari Allah Swt, sehingga kita juga harus bertanggung jawab untuk ibadah diri kita.

Masa pandemi sekarang ini menyadarkan kita akan pentingnya tanggung jawab untuk diri sendiri dan untuk orang lain. Dengan tanggung jawab kita dapat membantu diri kita untuk tetap sehat, dengan tanggung jawab kita dapat tetap menjalankan segala aktivitas kita dengan baik pada masa pandemi, maka dari itu sangat penting sikap tanggung jawab dalam diri seseorang.

Guna mengurangi penyebaran virus covid-19 di Indonesia ini, kita sebagai masyarakat Indonesia harus selalu menaati aturan yang dibuat oleh pemerintah dengan menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker serta hindari keramaian yang akan mengundang wabah covid-19 semakin menyebar.

Serta jangan lupa untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah agar senantiasa terhindar dari wabah yang mematikan ini, dan wabah ini cepat berlalu.

Nama        : Amalia Ratna Dewi Sembiring

Nim           : 0701171007

Jurusan    : Ilmu Komputer 

                   Sains dan Teknologi UINSU




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline