Lihat ke Halaman Asli

Belajar Cara dan Langkah Jual Beli Saham Online

Diperbarui: 23 Juni 2016   14:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sebelum membahas cara atau langkah jual beli saham ataupun tentang trading saham online, sebaiknya Anda mengerti betul segala sesuatu yang tentang saham, termasuk resiko. Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang menjanjikan namun juga merugikan tergantung perkembangan perusahaan yang kita tanami modal.

Saham bersifat High Risk High Return yang artinya resiko yang diberikan untuk pemegang saham sangat berkaitan dengan resiko yang dialami oleh perusahaan. Bisa saja mengalami profit itu bagus, namun bisa juga loss dan bahkan bisa failed (bangkrut). Maka dengan itu yakinkanlah diri Anda sendiri untuk siap dalam menghadapi resiko apapun.

Trading saham online juga memiliki sifat High return. Yang artinya memiliki pengembalian dari modal Anda menjadi berkali- kali lipat atau memberikan keuntungan kepada Anda selaku pemegang saham mendapatkan profit atau laba yang berkali–kali lipat. Bila Anda masih dangkal dalam urusan atau perihal saham sangat disarankan untuk belajar terlebih dahulu segala hal yang berkaitan dengan saham atau trading saham online.

Namun untuk para pemula yang tidak takut akan rugi dan ingin terus melangkah maju alangkah sebaiknya memahami beberapa cara ini agar tidak begitu banyak resiko yang harus ditanggung, yang disebabkan ketidaktahuan atau kurangnya informasi tentang saham.

Langkah jual beli saham atau cara trading saham online untuk pemula

  •  Siapkan dana/ budget

Dahulu saham menjadi salah satu investasi yang mahal, karena membutuhkan modal dan dana yang banyak. Namun saat ini untuk memulai trading saham hanya membutuhkan minimal 2-5 juta saja untuk Anda sendiri. Tapi ada pula bila hanya memiliki uang 100 ribu sudah bisa untuk digunakan dalam trading saham online dengan meinvestasikan dana kepada beberapa pihak yang melayani trading untuk Anda  (tidak direkomondasikan karena yang terjadi banyak investasi bodong).

  • Menentukan broker/ pialang

Sampai saat ini, di Indonesia memiliki sekitar 115 broker legal. Dengan adanya broker Anda bisa bermain trading saham secara instan dan baik bahkan bisa memantau perkembangannya melalui smartphone. Akan tetapi menentukan broker terbaik adalah hal yang cukup sulit, sangat disarankan dalam menentukan broker berkonsultasi dengan master forex.

  • Daftar ke Broker saham

Dalam hal ini Anda bisa memulai trading bila sudah terdaftar dalam piak broker. Pendaftaran bisa Anda lakukan via telepon, email dan forum trader lainnya. Dalam broker Anda akan diajarkan cara dan tata cara trading saham dengan sebuah apk yang bisa Anda install ke dalam Android.

  • Pendalaman ilmu/ pengetahuan tentang trading

Pengetahuan trading serta pergerakan pasar adalah syarat utama dalam meraih kesuksesan. Dengan melakukan analisis yang baik terhadap market Anda bisa menentukan langkah dan strategy dalam trading saham online.

  • Memperjual/ belikan saham

Dalam melakukan trading saham online And bisa melakukan trading melalui situs tertentu dan melalui aplikasi tertentu dalam smartphone Anda. Dalam hal ini Anda sudah memulai investasi dan bermain trading saham online, namun ingat trader bukan gambler yang asal menebak akan tetapi penuh dengan analisis dan kecermatan terhadap market.

Itulah cara dan langkah untuk trading saham online bagi pemula. Sebagai catatan, tetaplah berhati-hati dalam menjalankan bisnis online ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline