Lihat ke Halaman Asli

Amalia Hanifah

Pekerja Seni

KKN Tematik Literasi: Edukasi Literasi Baca Tulis untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Tengah Pandemi

Diperbarui: 9 Oktober 2021   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Literasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), melaksanakan KKN yang berlangsung selama 30 hari, berlokasi di SD Soko Pekalongan. Pelaksanaan KKN dimulai sejak 26 Agustus - 26 September 2021 yang diikuti oleh mahasiswa angkatan 2018.

Pelaksanaan KKN tematik yakni dengan melakukan KKN mandiri di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dikarenakan situasi pandemi yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan KKN di daerah tertentu.

Tema yang di angkat pada KKN tahun 2021 gelombang 2 ini adalah “ Mengembangkan Literasi (Literasi Baca dan Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Fianansial, Budaya dan Kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat  Prestasi Nasional”  dengan dosen Pembimbing Dr. Mochammad Whilky R, M.Pd.

Kegiatan KKN yang dilaksanakan merujuk pada peningkatan literasi anak usia sekolah dasar di tengah Pandemi, tepatnya di SD Soko Pekalongan yang di khususkan untuk kelas 1. Kegiatan dimulai dari mengajarkan anak mulai dari materi membaca, menulis, menghitung, mendongeng, hingga permainan seputar literasi, dan menambah kosakata.

Kedatangan mahasiswa KKN tematik literasi ke SD Soko Pekalongan disambut antusias oleh kepala sekolah, guru, dan jajaran staf, dengan adanya mahasiswa KKN diharapkan akan menambah  wawasan bagi siswa dan pengalaman yang luas di bidang literasi.

Kegiatan untuk meningkatkan literasi anak pada usia sekolah dasar ini, menjadi salah satu upaya untuk mengisi waktu luang mereka di tengah pandemi. Rentang usia mereka yang berkisar 6-12 tahun, dirasa perlu mendapatkan pendidikan seputar literasi. Kegiatan yang dilakukan berawal dari kegiatan membaca, menulis, lalu diajarkan bagaimana membiasakan kegiatan 15 menit membaca di pagi dan malam hari. Lalu di kelas juga diajarkan bagaimana cara membaca dongeng di depan kelas.

Naila, salah satu murid, merasa sangat senang dan antusias bisa belajar mendongeng dari buku bacaan yang sebelumnya telah dibaca. “Aku senang mendongeng di depan kelas menceritakan dari buku yang tadi malam ku baca” ungkapnya.

Kegiatan tidak berhenti sampai situ saja, pelajaran untuk meningkatkan literasi juga dilanjutkan dengan permainan tambah kosakata dan memperlancar dalam membaca, dengan memberikan soal berupa cerita kemudian diberikan soal sambung sesuai dengan bacaan yang telah mereka baca.

Selain terdapat permainan tambah kosakata, anak juga diajarkan bagaimana mengulas sebuah cerita fabel atau legenda, untuk diambil pesan moral dari cerita tersebut.

Upaya untuk meningkatkan literasi pada anak usia sekolah dasar ini diperlukan guna melatih anak agar terbiasa belajar di tengah pandemi yang mana mengharuskan anak belajar di rumah dengan harapan kegiatan edukasi literasi ini bisa meminimalisir kegiatan anak kecanduan bermain gawai ketika menghabiskan waktunya di dalam rumah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline