Lihat ke Halaman Asli

Hambawloh Amalia B

PBI FKIP UNS 2017

Kolaborasi Bantuan 3P dari KKN UNS untuk Kampung Siaga COVID-19

Diperbarui: 9 Juli 2020   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

COVID-19 menular dengan cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Pemerintah pun telah berusaha menangani COVID-19 dengan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan meskipun dalam pelaksanaan kebijakan, masih terdapat beberapa masyarakat yang belum mengikuti kebijakan tersebut. Berbagai faktor membuat masyarakat belum bisa mengikuti kebijakan, utamanya dikarenakan kurangnya pengetahuan atau informasi mengenai COVID-19 termasuk protokol yang harus dijalankan ketika masa pandemik berlangsung.

Kolaborasi Bantuan 3P (Pemahaman, Pangan, Pendidikan) dalam Pencegahan COVID-19 merupakan program kerja KKN UNS di Era COVID-19 dengan bertemakan supporting pemahaman masyarakat terhadap COVID-19 yang diselenggarakan oleh salah satu mahasiswa UNS, Hambawloh Amalia Balqistiningtyas di Kampung Siaga COVID-19 (Gamping RT 03 RW 04 Joho, Sukoharjo) pada periode bulan Mei-Juni 2020. Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan pembimbing Dosen Pendidikan Teknik Kejuruan/Teknik Bangunan, Budi Siswanto. S.Pd., M.Ars. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai COVID-19 beserta protokol atau kebijakan pemerintah dalam masa pandemik ini kepada masyarakat. Program kerja yang dilaksanakan berupa PHBS, Sosialisasi dan Edukasi Online di WhatsApp Grup, dan Workshop Online Desain Poster COVID-19 dengan Inkscape. 

Hasil dari terlaksananya kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai COVID-19 beserta pelaksanaan protokol atau kebijakan pemerintah dalam masa pandemik. 

Warga Gamping RT 03 RW 04 Joho, Sukoharjo mulai cuci tangan yang baik dan benar sesuai anjuran WHO, menggunakan masker ketika ke luar rumah, jaga jarak 2 meter ketika kontak langsung dengan orang lain, menjaga imun tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, minum vitamin, remaja SMA berusaha melakukan inovasi mengenai cara belajar bersama yang menyenangkan melalui daring (kontak secara tidak langsung), bahkan beberapa warga Sukoharjo juga termotivasi membuat desain poster mengenai kebijakan pemerintah dan protokol pencegahan COVID-19 untuk ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline