Kalangan gen z pasti tidak asing dengan sebutan Spotify Wrapped. Konten yang setiap akhir tahun akan bermunculan pada snapgram dan status gen z. Lalu sebetulnya apa itu Spotify Wrapped? Dan bagaimana Spotify Wrapped dapat merefleksikan diri setiap penggunanya, mari kita bahas kali ini.
Spotify adalah layanan musik digital, podcast, dan video yang memberimu akses ke jutaan lagu dan konten lain dari kreator di seluruh dunia. Dengan Spotify pengguna dapat mendengarkan musik secara gratis maupun berbayar secara bebas. Tidak hanya musik, Spotify juga menyediakan podcast dan juga radio didalamnya sehingga dengan satu platform pengguna dapat memanjakan telinga dengan mudah. Dengan fitur-fitur yang diberikan oleh Spotify, membuat aplikasi ini sangat populer dikalangan remaja hingga dewasa. Tidak heran Spotify mendapatkan gelar pilihan editor dalam play store.
Setiap akhir tahun jutaan pengguna Spotify menantikan fitur Spotify Wrapped. Fitur ini telah menjadi tradisi tahunan pengguna Spotify, dimana pengguna diajak untuk melihat kilas balik dari perjalanan musik dalam setahun. Dengan Wrapped, Spotify tidak hanya menayangkan ulang perjalanan musik yang telah didengar oleh pengguna, tetapi juga mengulas balik perjalanan dan kenangan yang dibentuk dalam sebuah refleksi sebuah album musik. Sehingga dengan Spotify Wrapped pegguna diajak untuk merefleksikan perjalanannya sepanjang tahun.
Fitur ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2015 dengan nama "Year In Music" dan pada tahun selanjutnya berganti nama menjadi "Spotify Wrapped" hingga saat ini. Seiring berjalannya waktu fitur ini semakin banyak menarik perhatian banyak pengguna. Sehingga Spotify Wrapped terus berevolusi dengan visualisasi yang lebih menarik dan personalisasi yang mendalam sehingga tampil menarik dalam kalangan gen z saat ini.
Spotify mengumpulkan data dari musik yang telah kita dengarkan sepanjang tahun dan menganalisisnya dengan hasil artis, lagu favorit, genre, jumah menit mendengarkan, tren mendengarkan hingga Spotify membuatkan playlist khusus berisi 100 lagu teratas yang sering didengarkan oleh pengguna. Dengan analisis ini, Wrapped mampu memberikan ringkasan yang akurat dan personal bagi setiap pengguna.
Perjalanan selama setahun ini dapat diartikan pada histori musik yang telah kita dengarkan, dengan begitu Spotify mampu merefleksikannya dalam sebuah Wrapped. Sehingga pengguna Spotify dapat mengenang perjalanan mereka setelah setahun lamanya dengan memutar kembali musik dari histori yang telah dikelaurkan Spotify. Dengan mendengarkan musik tersebut membuat kenangan lama kita kembali berputar di otak dan menjadika hal tersebut sebagai hasil dari refleksi selama setahun.
Spotify Wrapped tidak hanya menampilkan lagu, artis, dan genre yang paling sering didengarkan tetapi juga menggambarkan prefensi musik yang menggambarkan suasana hati kita. Spotify menyalakan kembali api emosi dan juga kepribadian penggunanya sepanjang tahun. Melalui data ini, pengguna Spotify dapat mengidentifikasi trend perubahan selera musik yang berhubungan dengan suasana hati maupun emosi penggunanya.
Dalam eksplorasi diri, Spotify memfasilitasi dengan menyoroti penemuan musik baru yang penggunanya lakukan sepanjang tahun. Dengan begitu pengguna dari Spotify dapat bercermin pertumbuhan dan perkembangan mereja dalam apresiasi musik dan membuka diri terhadap genre dan artis baru yang belum dikenal.
Tidak hanya secara personal, spotiffy Wrapped juga memiliki dampak signifikan terhadap indsutri musik seperti sebagai alat pemasaran dengan memberikan eksposur gratis bagi artis dan lagu mereka. Hal ini dpat meningkatkan visibilitas dan popularitas artis secara signifikan, terutama pada artis pendatang baru. Pengguna cenderung memutar kembali album Spotify Wrapped, dengan begitu lonjakan dan jumlah streaming yang dihasilkan secara langsung meningkatkan pendapatan bagi artis dan label rekaman. Informasi mengenai lokasi dari pengguna dapat berpengaruh terhadap perencanaan tur dan konser bagi artist. Dengan begitu artis dapat menentukan lokasi yang potensial untuk konser dan juga acara lainnya.
Banyaknya manfaat dan juga kegembiraan bagi pengguna Spotify, tetapi ada beberapa tantangan dan kritik yang perlu diakui. Privasi data pengguna menjadi hal yang penting dalam menyusun algoritma Spotify Wrapped, hal ini memicu rasa tidak nyaman dengan sejauh mana data mereka dilacak dan dianalisis. Kekhawatiran mengenai data disimpan, digunakan, dan potensi risiko kebocoran data menjadi momok bagi sebagian orang. Maraknya Spotify Wrapped dapat menyebabkan overeksposur dan tekanan sosial bagi pengguna. Perasaan cemas dan tidak nyaman kerap dijumpai jika selera musik yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan apa yang dianggap populer atau diterima oleh khalayak umum. Kesalahan dalam analisis data juga menjadi kritik, pengguna terkadang melaporkan bahwa statistik yang ditampilkan tidak sesuai dengan ingatan atau history kebiasaan mendengar musik mereka selama setahun. Hal diatas merupakan beberapa masalah dan kritik yang perlu diatasi sehingga pengguna dapat merasa aman dan nyaman dalam menggunakan Spotify.
Spotify merupakan fitur luar biasa yang berhasil menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya sebagai alat pengukur artis dan lagu favorit sepanjang tahun, tetapi juga alat refleksi diri yang kuat. Melalui Wrapped pengguna dapat merenungkan bagaimana musik telah memengaruhi dan menemani melalui berbagai momen dalam hidup. Dampak yang dihasilkan dalam industri musik mulai dari pemasaran, promosi hingga analisis trend yang dihasilkan dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan musik bagi pengguna di seluruh dunia. Jadi, ketika Anda melihat Wrapped Anda tahun ini, ingatlah untuk tidak hanya melihat angka dan grafik, tetapi juga momen, emosi, dan cerita yang ada di baliknya.