Lihat ke Halaman Asli

Skrining Kesehatan Siswa sebagai Upaya Deteksi Dini Masalah Kesehatan

Diperbarui: 9 Agustus 2023   00:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi Puskesmas Mirit

Skrining kesehatan siswa merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk deteksi dini adanya masalah kesehatan pada siswa sekolah. Puskesmas Mirit bekerja sama dengan MTsN Al Ghazali menyelenggarakan skrining kesehatan dan dibantu oleh tim KKN-PPM UGM Periode II 2023 (29/07/2023). Kegiatan skrining kesehatan ini dilakukan di aula sekolah MTsN Al Ghazali dengan menggunakan delapan titik untuk pemeriksaan petugas medis puskesmas.

Skrining kesehatan yang dilakukan bertujuan untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan pada siswa agar mendapatkan penanganan sedini mungkin. Selain itu, skrining dilakukan untuk memantau perkembangan kesehatan siswa yang dilampirkan dalam bentuk data. 

Kegiatan skrining kesehatan siswa meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi dan mulut, pengecekan Hb, dan skrining jiwa. Rangkaian kegiatan lain yang dilakukan adalah sosialisasi mengenai bahaya anemia pada remaja oleh salah satu anggota Tim KKN-PPM UGM Periode II 2023 dan pemberian tablet tambah darah bagi siswa perempuan. Banyak siswa yang mengikuti skrining kesehatan ini adalah seluruh siswa kelas 7, 8, dan 9 atau sekitar 150 siswa. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan, terdapat beberapa siswa MTsN Al Ghazali Mirit memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dan berlebih. Selain itu, hasil pemeriksaan Hb pada siswa perempuan menunjukkan bahwa kadar Hb siswa sebagian besar normal namun cenderung rendah (normal 12-15 g/dL).

Hal ini sejalan dengan pemberian sosialisasi mengenai bahaya dan cara pencegahan anemia pada remaja. Pada kegiatan sosialisasi, banyak siswa yang masih belum tahu mengenai apa itu anemia dan dampaknya bagi mereka. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia adalah dengan konsumsi tablet tambah darah bagi siswa perempuan. Tablet tambah darah mengandung zat besi dan asam folat yang dapat membantu remaja mengatasi anemia saat menstruasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline