Lihat ke Halaman Asli

Amalia Fatlikhah

Mahasiswa 23107030062 UIN Sunan Kalijaga

Lagu I'm Just A Kid Viral di TikTok: Menyuarakan Dukungan untuk Palestina

Diperbarui: 1 Juni 2024   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Youtube/Moe Zein

Sebuah lagu berjudul "I'm Just a Kid" kini menjadi viral di platform TikTok, tetapi bukan hanya karena iramanya yang menarik, melainkan juga karena pesan yang disampaikannya. Lagu ini bukan hanya sekadar tren musik sesaat, tetapi juga menjadi suara bagi banyak orang yang menyuarakan solidaritas kepada Palestina. 

Lagu ini Diciptakan oleh artis bernama Moe Zein yang merupakan seorang penyanyi, pengarang lagu serta seorang pendidik yang berasal dari Saudi Arabia. Lagu ini diupload di channel youtube miliknya 5 bulan yang lalu dan telah ditonton 166 rb orang hingga artikel ini di unggah. Menurutnya 100% monetisasi yang ia dapatkan dari video ini akan  digunakan untuk membantu memberikan bantuan kepada Palestina.

Moe Zain juga berharap jika masyarakat ikut menjadi bagian untuk dapat menyebarkan dan membagikan video ini. Karena setiap 1 juta penayangan, ia dapat mendanai sebesar 1,290 USD. Lagu yang diunggah oleh Moe Zein terinspirasi saat Moe Zein mendengar seorang anak kecil dengan boneka yang tertutup debu serta puing-puing dengan polosnya berkata "Saya di rumah dan bom mengunjungi kami".

Sumber Youtube/Moe Zein

Menurut Moe Zein suara rakyat palestina khususnya anak-anak penting untuk didengar. Mereka berhak mendapatkan kehidupan yang bahagia. Seperti yang ia tuliskan pada penggalan liriknya yaitu "Stand up , take your people with you,  Leave the children happy, Away from all the tragedies". Yang artinya Berdiri, bawa orang-orangmu bersamamu, Biarkan anak-anak bahagia, Jauh dari semua tragedi. Moe Zein berharap anak-anak di Palestina jauh dari tragedi dah hidup bahagia.

Video klip dari lagu ini berlatar belakang tragedi kemanusiaan di Palestina yang hanya tertinggal reruntuhan rumah-rumah tempat tinggal mereka. Video ini juga memperlihatkan betapa tragisnya tragedi kemanusiaan ini hingga banyak masyarakat Palestina yang menangis karena kehilangan keluarganya, menangis karena kelaparan, bahkan Anak-anak di Palestina banyak yang merasakan trauma karena melihat orang tuanya di bakar di depan mata mereka sendiri.

Dalam konteks konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun, lagu ini memberikan pengingat tentang dampak yang ditimbulkan oleh serangan zionis yang sangat kejam terutama terhadap anak-anak. Lewat lagu ini penonton tau bagaimana keadaan yang terjadi di Palestina hingga sekarang penonton juga dapat memberikan perasaan empati yang mendalam terhadap korban-korban perang, terutama anak-anak yang menjadi sasaran atau terjebak dalam konflik.

Sumber Youtube/Moe Zein

Dalam perilisan lagu ini Moe Zein dibantu oleh tim yang ia sebut dengan tim impian. Terlihat pada deskripsi unggahannya di channel youtubnya ia mengucapkan terima kasih kepada tim impian yang telah membantu membuat lagu ini terjadi. Tim impian itu terdiri dari Bigzz yang mulai membangun kerangka lintasan dan menginspirasi sebuah ide hingga muncullah ide membuat lagu ini. Selanjutnya ada Al3s3s yang Moe Zein sebut dengan mitra yang hebat karena telah percaya kepadanya dan proyek ini. 

Hal yang terpenting dalam pembuatan lagu yaitu pembentukan musikal. Dalam pembuatan lagu ini Moe Zein dibantu oleh Rayan Bailouni. Rayan ini yang menjadi master, mix, dan produser. Lalu ada Waleed Alawi yang mana Waleed tahu bagaimana cara Moe Zein menggali lebih dalam dan mengeluarkan potensi terbaiknya. 

Waleedlah yang telah membimbing Moe Zein secara emosional melalui sesi rekaman. Dan yang terakhir ada Emad Eldin Korayem yang memiliki tim hebat menciptakan visual yang kuat yang sesuai dengan kekuatan suara Moe Zein. Moe Zein mengungkapkan juga bahwa mereka semua tidak ragu sedetik pun untuk menjadi bagian darinya.

Sumber Youtube/Moe Zein

Dengan menjadi viral di TikTok, lagu ini telah menginspirasi banyak pengguna untuk menyuarakan dukungan mereka terhadap Palestina, membagikan informasi tentang konflik yang terjadi di sana, serta mendorong orang-orang untuk peduli dan bertindak. Di tengah kehidupan warga indonesia yang hidup aman, tenang dan damai seperti saat ini sangat penting untuk mengingatkan orang-orang memiliki rasa empati dan solidaritas, terutama terhadap warga Palestina yang sedang menderita akibat konflik. 

Karena masyarakat kecil di Indonesia tidak dapat membantu lebih terhadap konflik tersebut, dengan adanya lagu ini masyarakat kecil dapat membantu berdonasi dengan menyebarkan dan membagikan video lagu ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline