Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Kelompok Sosial

Diperbarui: 9 Juli 2018   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan dalam mencapai suatu tujuan tertentu.nah dapat kita ketahui bahwa lahirnya sebuah kelompok social karena adanya pemberdayaan di dalam masyarakat itu sendiri. Dimana manajemen hadir untuk membuat sebuah strategi atau langkah langkah dalam pembentukan kelompok social.

Kelompok social dibentuk dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat, guna untuk membantu masyarakat mengubah nasibnya, mengubah struktur sosialnya, hingga dapat menekan angka kemiskinan yang ada di sekitarnya.yakni Sasarannya yaitu pada masyarakat kecil.

Didalam sebuah kelompok social maka dibutuhkannya sebuah manajemen yang mana manajemen ini berfungsi untuk mengatur sebuah kelompok social, dalam melakukan sebuah pemberdayaan. Manajemen dalam suatu kelompok social di jalankan sesuai dengan fungsi manajemen itu sendiri. Hingga dalam sebuah kelompok tersebut dapat tertib dalam melaksanakan kegiatan dan dapat menunjang keberhasilan dalam pencapaian tujuan.

            Adapun fungsi manajemen yang akan di terapkan dalam kelompok social

  • perencanaan (planning) Pernecanaan adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki.
  •  Pengorganisasian (organizing). Pengorganisasian dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil.
  • Controlling (Mengontrol) Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan
  •  Pengarahan (directing) Pengarahan adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan.

By: Amalia fadini 

082346918705

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline