Lihat ke Halaman Asli

Kenali Core Value Anda, Redesign Your Life

Diperbarui: 26 Juni 2015   16:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dari Seminar Anthony Robbins di Bali

Sungguh sangat menarik cara Anthony Robbins dalam membawakan materi seminarnya di Bali hari siang tadi. Ini adalah hari kedua dari rangkaian seminar yang akan berakhir hingga Sabtu mendatang.

Setelah kemarin dia ajarkan kepada audiens tentang bagaimana memperjelas motif pribadi, hari ini Anthony mengajak peserta seminar untuk memahami dan memperjelas Core Value mereka. Mengapa? Sebab ketidak jelasan core value inilah, kebanyakan orang menjadi bingung, akan kemana dan bagaimana caranya keluar dari posisi saat ini menuju ke posisi dan situasi yang lebih baik sebagaimana yang diinginkan. Ketidakjelasan juga sering berakibat pada sikap ragu dan serba salah posisi dan disorientasi.

Kebanyakan orang mengalami ketidak seimbangan dan ketidakjelasan core value. Secara umum core value adalah tiga hal, yaitu  work, self dan relationship. Meskipun tidak didukung data, Anthony menjelaskan, sebagian besar orang fokus pada pekerjaan, lalai kepada bagaimana mengenali dan membangun dirinya sendiri. Hal ini juga berdampak langsung pada kecilnya perhatian pada aspek relationship.

Dalam seminar ini Anthony mengajarkan bagaimana caranya, dan apa saja yang harus dilakukan untuk tercapainya keseimbangan Core Value tersebut. Setelah core value clear, barulah bisa dilakukan redesign tentang diri manusia.

Untuk melaksanakan hal tersebut, dibutuhkan bahan bakar penting yang disebut emosi. Emosi adalah power. Emosi adalah energi penting yang bisa menggerakkan seluruh proses menuju perubahan dan goals yang telah disusun.

Emosi mempengaruhi tindakan. Jika emosi diubah, maka tindakan pasti ikut berubah. Jika tindakan berubah, maka hasilnya pasti berubah. Maka ubahlah emosi Anda menjadi emosi positif dan lipat gandakan. Maka dalam sekejap, perubahan akan bersama anda. Tentu perubahan positif.

Salam hangat dari Nusa Dua Bali,

Amal Alghozali




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline