Lihat ke Halaman Asli

Panci Warteq

Mahasiswa

Pemerintah atau Masyarakat

Diperbarui: 9 Oktober 2023   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia adalah negara besar dengan berbagai macam suku budaya dan keragaman, bahkan Indonesia terkenal dengan banyak sekali desa yang ada diseluruh pelosok kabupaten. Dan bayangkan jika anda hidup didesa yang sangat nyaman damai dan tentram kemudian terusik oleh Tindakan dari pemerintah yang menurut saya cukup merugikan. Jadi disini saya akan menjelaskan sedikit tentang salah satu masalah yang terjadi di desa wadas kecamatan bener kabupaten Purworejo Jawa Tengah.

Desa wadas merupakan salah satu desa yang berada di kabupaten Purworejo Jawa Tengah yang beberapa waktu lalu tepatnya satu tahun yang lalu sempat terjadi sengketa tanah yang melibatkan antara pemerintah dan warga desa Wadas. Karena pemerintah ingin membebaskan beberapa hectare lahan di desa Wadas untuk menambang batu andesit yang kemudian digunakan untuk bahan material Pembangunan bendungan Bener.

Banyak warga asli desa Wadas bahkan relawan-relawan dari luar kota mendukung aksi warga untuk penolakan pembebasan lahan di karenakan banyak sisi negatifnya jika pembebasan lahan tetap dilaksanakan bahkan Sebagian warga desa Wadas mungkin akan kehilangan pekerjaannya karena rata-rata mereka bekerja sebagai petani.

Menurut pendapat saya sangat kurang setuju dengan keputusan pemerintah karena banyak sekali warga yang akan dirugikan. Mungkin jika dilihat dari sisi pemerintah manfaat yang akan diberikan jika pembebasan lahan tetap dilakukan dan bendungan yang akan dibangun selesai pengerjaanya sangat menguntungkan bagi seluruh warga sekitar bendungan tetapi menurut saya tetap sangat merugikan.

Solusi yang dapat saya berikan bisa diselesaikan dengan baik dan lihat dari sisi warga desa Wadas dikarenakan mereka tentu saja tidak ingin kehilangan sumber daya alam dan pekerjaan mereka hanya karena proyek dari pemerintah, menurut saya itu sangatlah memberatkan. Dan kalau bisa ambillah sumber batu andesit dari daerah lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan warga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline