Lihat ke Halaman Asli

Panci Warteq

Mahasiswa

Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Diperbarui: 12 September 2023   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kesehatan adalah pondasi utama agar manusia dapat melakukan semua hal yang mereka inginkan, oleh karena itu Kesehatan kini menjadi sangat penting dan sangat mahal karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat menghindari kita dari penyakit yang mengancam tubuh kita sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Akhir-akhir ini sering terjadi salah satu penyakit yang menyerang orang dewasa bahkan anak kecil yakni gagal ginjal akut. Banyak anak Indonesia yang terkena penyakit gagal ginjal akut ini dikarenakan oleh zat yang ada dalam sirup yakni ETILEN GLIKOL. Etilen glikol zat kimia yang memiliki efek toksik atau beracun jika dikonsumsi secara berlebihan dan dapat menimbulkan gangguan pencernaan hingga gagal ginjal akut.

Dampak besar yang terjadi jika tidak ada penanganan oleh pemerintah dan peran Masyarakat adalah banyak anak kecil yang memiliki gangguan pencernaan sehingga pertumbuhan anak dapat terhambat. Banyak anak yang tidak bisa menikmati masa kecilnya dikarenakan harus melakukan pengobatan secara terus-menerus. Oleh karena itu penyakit gagal ginjal akut ini harus menjadi perhatian penting bagi pemerintah maupun seluruh kalangan Masyarakat.

Solusi yang dapat diterapkan ada banyak salah satunya yakni dengan mendeteksi sejak dini gejala-gejala yang dialami oleh anak anda dan memeriksanya ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Kedua mungkin pemerintah harus mengawasi setiap kelahiran anak apakah berpotensi terjangkit atau tidak dengan penyakit gagal ginjal ini. Terakhir yakni memeriksa anak secara rutin agar mengetahui apakah anak anda sehat atau tidak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline