Lihat ke Halaman Asli

Begitu Burukkah KRL Commuter Line Saat Ini?

Diperbarui: 9 Oktober 2015   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KRL Commuter Line menjadi pilihan transportasi yang cepat meskipun sesak pada jam-jam tertentu. (Foto: Amad S)

Hari ini saya sempat membaca status seorang Fesbuker di grup (tak perlu saya sebutkan nama grupnya). Dalam status yang diunggahnya, tersurat luapan emosi, “Ada ga kata yg leih biadap drpd biadap...pagi2 di press body mejret kejet2 sesek kaya gitu...KAI/KCJ itu ga punya ati yaaa...udah press body masi ditahan lama dgn sikon yg sangat hot.. Perlu kirim surat cinta ke pa'd Jonan spt nya...:((“.

Tak ayal, anggota di grup pun rame-rame mengomentarinya. Saya cuplik saja beberapa komentar dengan menyamarkan namanya.

Y: emang blm biasa kegencet2 di CL ya mbak?? tiap hari postingannya menggalau terus,,,, nikmatin aja,, namanya jg naik angkutan massal di jam sibuk.

S: Kan sdh tau klu naik KRL jam kerja pasti penuh, jgn salahkan KRL nya, klu memang mau duduk manis, enak naik taxi atau gojek atau bajai online, gitu aja kok ngelu , kita sdh 10 thn lebih naik KRL ya tetap bersyukur, walaundi rmh ada mobil bukan nyombong tapi pingin bebas dari macet walaupun sesak.

C: Kl lom ngrasain naek mbok ga usah sok suci...emang nt bisa bsyukur kl napas aja ngap2an...?? Kl penuh biasa sih gpp... Nt liat tuh jadwal di SRP udah jeda waktu lama masi pake acara 1 jadwal di BATAL kannn...toh yg ngeluh ga cuma ogut...nohhh baca atas2...om W yg master wushu aja bisa bilang gitu...apalf ogut yg cuma ece2 ga pernah olah body gmn ga megap2 ?

S : Utk ibu C : mohon maaf tp sebaiknya jangan memakai bahasa 'biadap' buu..krn kesannya KAI/KCJ sebagai operator sangat buruk sekali pelayanannya dan tidak ada kebaikannya sama sekali.

P : tenang, Pak S, di berbagai komunitas, kita akan menemui tipikal orang-orang yang kurang lebih sama, ada yang tukang atur konsumsi, ada yang suka nge-bual, ada yang sabar mendengar cerita semua orang, ada yang jago loby, ada yang suka nawarin dagangan, ada seksi repot tukang beres-beres, dan ada Mr. atau Mrs. Heboh seperti Tante C ini, yang klo susah maupun senang akan spontan men-share nya hingga semua orang tahu… saya bisa memahami bahwa sebagai “officer” Anda merasa kurang nyaman, saya juga paham bahwa tak semua orang bisa menerima style Ibu ini,saya pribadi sebagai yang pernah kecemplung ke beberapa komunitas mencoba menerima keberagaman itu sebagai bagian dari kenyataan hidup.

P: complaint memang harus ditanggapi sejak masih berupa bisik-bisik, kasak-kusuk, dan celotehan...bila itu diabaikan, jangan terkejut bila berkembang menjadi jeritan amuk massa....

Sebagai sesama pengguna KRL, saya memahami kondisi yang dialami penumpang yang merasakan padatnya jumlah penumpang yang naik pada jam-jam sibuk terutama jam berangkat kerja dan pulang kerja. Pada jam-jam tersebut, semua ingin cepat sampai kantor/tempat kerja dan cepat pula ingin sampai rumah. Dan semuanya ingin nyaman pada jam yang sama. Bisakah kita naik nyaman? Lantas nyaman yang seperti apa? Sebab semua ingin bisa terangkut naik KRL pada jam-jam yang sama. Semua nyaris memaksakan diri untuk naik. Ada cela dikit saja langsung nyempil agar bisa terangkut, tak peduli imbauan dari stasiun agar penumpang tidak memaksakan diri naik bila kondisi kereta sudah penuh.

Petugas mengevakuasi seorang penumpang yang pingsan saat naik KRL yang penuh sesak. (Foto: Amad S)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline